home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diambang Kebangkrutan, Yunani Terancam Kembali Gunakan Mata Uang Drachma

Rabu, 08 Juli 2015 17:08 by syaifan | 1774 hits
Diambang Kebangkrutan, Yunani Terancam Kembali Gunakan Mata Uang Drachma
Image source: breitbart.c

DREAMERSRADIO.COM - Yunani hingga saat ini masih diambang kebangkrutan karena krisis ekonomi yang melanda negara tersebut. Perdana Menteri Alexis Tsipras dan jajarannya masih memiliki waktu beberapa hari saja untuk mengajukan proposal pinjaman baru kepada Uni Eropa meskipun usulan tersebut ditolak pasca referendum yang digelar akhir pekan lalu.

Jika melihat kondisinya saat ini, negara Eropa bagian timur itu terancam dikeluarkan dari zona Uni Eropa karena tidak bisa membayar hutang dari pinjaman sebelumnya. Dan jika dikeluarkan dari Uni Eropa, maka Yunani tidak bisa lagi menggunakan mata uang Euro dan bisa saja kembali menggunakan mata uang Drachma.

Seperti dilansir CNBC, ada beberapa opsi yang memungkinkan bagi Yunani jika mereka tidak mengajuan proposal pinjaman dana yang meyakinkan akhir pekan ini. Salah satunya dikeluarkan dari Uni Eropa dan akan menggunakan mata uang lama mereka sebelum tahun 2001 silam.


Mata uang Drachma Yunani. (money.cnn.com)

“Hal yang menjadi kunci utama adalah perlunya dilakukan redenominasi deposit dan hutang ke bentuk mata uang yang baru. Itu adalah hal yang paling mudah dilakukan. Hanya masalahnya, adalah untuk menyuplai ketersediaan mata uang tersebut, yang sekarang mata uang Drachma sendiri sudah tidak ada,” jelas Chairman Capital Economics, Roger Bootle.

Baca juga: Pemandangan Indah, Ini 5 Lokasi Syuting Drama Korea di Luar Negeri

Bagaimana pun juga, para pengamat menilai bahwa salah satu langkah untuk meringankan beban krisis dan hutang Yunani adalah dengan menggunakan mata uang baru selain Euro. Karena dengan mata uang baru, Yunani akan bisa lebih stabil mengatur keuangan negaranya.

Meski terdengar sulit dilakukan, cara ini dianggap menjadi opsi yang paling baik bagi Yunani untuk menyelamatkan negara mereka dari kebangkrutan.

Hmm.. bagaimana menurutmu, Dreamers? (Syf)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)