SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Beberapa Rumor Penyebab Jatuhnya Hercules Di Medan

Kamis, 02 Juli 2015 11:25 by reinasoebisono | 1789 hits
Ini Beberapa Rumor Penyebab Jatuhnya Hercules Di Medan
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Tragedi jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Jalan Jamin Ginting Medan, Sematera Utara, Selasa (30/6/2015) menorehkan duka mendalam, khususnya bagi keluarga korban. Akibat tragedi itu, pertanyaan pun bermunculan. Mulai dari usia pesawat yang terbilang sudah tua dan adanya ganguan pada pesawat tersebut.

Sampai saat ini penyebab jatuhnya pesawat angkut TNI AU ini masih menjadi pertanyaan bagi masyarakat. Alhasil, banyak orang yang berspekulasi mengenai penyebab jatuhnya pesawat nahas itu. Berbagai rumor beredar seputar penyebab jatuhnya pesawat. Berikut beberapa rumor yang dirangkum dari berbagai pemberitaan beberapa hari terakhir:

1. Dugaan Mesin Mati

Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Agus Supriatna mengatakan, bahwa saat akan berangkat pesawat Hercules ini sudah lulus uji kelayakan terbang. Sehingga, pilot berani untuk menerbangkan pesawat. Dimana pesawat ini sebelumnya telah terbang dari Jakarta menuju Medan dan tidak terjadi masalah apapun.

Namun, setelah ditelusuri kembali ternyata sesaat setelah lepas landas pesawat mengalami masalah yang menyebabkan salah satu mesin pesawat ini mati.

2. Kelebihan Kapasitas (Over Load)

Dari informasi yang dihimpun, adanya dugaan yang mengarah bahwa pesawat mengalami over capacity saat terbang. Ini menjadi salah satu penyebab pesawat akhirnya jatuh. Dimana pesawat ini tidak hanya mengangkut anggota TNI yang akan melaksanakan tugas, namun juga mengangkut warga sipil yang merupakan anggota keluarga dari anggota TNI tersebut.

Dipastikan bahwa pesawat ini mengangkut total 122 orang termasuk kru pesawat. Selain itu pesawat ini juga mengangkut kebutuhan logistik TNI seperti amunisi, senjata, pistol, dan kebutuhan pangan untuk dari terpencil di Barat Indonesia. Namun, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekar TNI Agus Supriatna membantah adanya rumor over capacity ini.

Menurutnya pesawat angkut ini mampu mengankut beban seberat 135 ton. Jadi tidak ada kemungkinan mrngalami overload.

3. Digunakan Sebagai Anguktan Cabai

Warga menemukan adanya cabai berserakan di sekitar lokasi jatuhnya pesawat. Keterangan warga ini membenarkan adanya dugaan pesawat ini juga mengangkut sekitar 2 ton cabai merah. Namun berita ini belum dibenarkan atau dibantah oleh pihak TNI AU.

4. Pesawat Dijadikan Omprengan

Dimana beberapa kabar menyatakan bahwa warga sipil yang menumpang pesawat Hercules C-130 tujuan Natuna ini ditarik sejumlah bayaran. Jumlah bayaran tidak diketahui pasti, beberapa sumber menyatakan jumlah berbeda.

Sebuah sumber mengatakan mereka dikenakan biaya Rp 990 ribu. Sumber lainnya mengatakan bahwa warga sipil harus membayar Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta. Hal ini dibantah oleh KSAU Agus Supriyatna dan akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut. [ind]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)