SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dalam 10 Tahun, Pesawat Milik Pangkalan Udara Abdurachman Saleh Jatuh 4 Kali di Tanggal yang Nyaris Sama!

Rabu, 01 Juli 2015 14:00 by zia92 | 1703 hits
Dalam 10 Tahun, Pesawat Milik Pangkalan Udara Abdurachman Saleh Jatuh 4 Kali di Tanggal yang Nyaris Sama!
Image source: kabar24.bis

DREAMERSRADIO.COM - Jatuhnya pesawat angkut militer Hercules C-130 bernomor register A-1310 di Medan pada Selasa siang, 30 Juni 2015, merupakan musibah keempat yang dialami Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh dalam sepuluh tahun terakhir.

Tempo mencatat, Pangkalan yang bermarkas di Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, itu telah kehilangan total empat pesawat dengan korban jiwa 33 orang, terdiri dari 20 anggota TNI Angkatan Udara, termasuk 12 awak pesawat Hercules A-1310 dan 13 orang sipil. Menariknya, seluruh pesawat jatuh di bulan dan tanggal yang berdekatan dan hampir sama.

Kecelakaan pertama terjadi pada Jumat, 22 Juli 2005. Pesawat tempur taktis OV-10 Bronco TT-1011 jatuh di Gunung Limas, Desa Gadingkembar, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Kecelakaan ini menewaskan Mayor (Penerbang) Robby Ibnu Robert dan Letnan Dua (Penerbang) Harchus Aditya Wing Wibawa.

Persis berselang dua tahun, OV-10 Bronco TT-1014 jatuh di ladang tebu Dusun Bunut, Desa Bunut Wetan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Senin, 23 Juli 2007. Lokasi kejadian berjarak 1,5 kilometer dari ujung landasan pacu Pangkalan. Letnan Dua (Penerbang) Eliseus Quinta Rumiarsa tewas. Sedangkan Mayor (Penerbang) Danang Setyabudi, sang instruktur, berhasil menyelamatkan diri dengan kursi pelontar.

Baca juga: Pesawat Terbang Pribadi Jatuh di Jalan Tol Tersibuk di California

Berikutnya, kecelakaan ketiga dialami pesawat CASA C-212-200. Pesawat bernomor register A-2106 ini jatuh di Gunung Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 26 Juni 2008. Pesawat jatuh saat melakukan misi ujicoba kamera baru dari Dinas Survey dan Pemotretan Udara TNI Angkatan Udara. Sebanyak lima anggota TNI Angkatan Udara dan 13 penumpang tewas dalam kecelakaan ini.

Terkait jatuhnya pesawat Hercules A-1310 di Medan, Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan Abdulrachman Saleh Letnan Kolonel Sutrisno mengatakan, meski sudah berusia 51 tahun, pesawat tersebut berkondisi layak terbang karena rutin mendapat perawatan di Skadron 32 Wing 2. Perbaikan disegerakan bila ada kerusakan dan komponen yang rusak langsung diganti.

(fzh/Tempo)

Komentar
  • HOT !
    Seorang seleb media sosial semacam Instagram, Yong Ning terpaksa harus mengakhiri aksi aksi berbahayanya. Pria asal China tersebut diketahui tewas mengenaskan setelah melakukan aksi maut saat hendak mengambil gambar dari gedung tinggi....
  • HOT !
    Ritual yang dilakukan kepala negara sebelum mengambil keputusan penting biasanya berupa rapat darurat, konsultasi atau hal lainnya sehubungan konsep strategis yang akan diambil. Namun berbeda dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang dikabarkan justru selalu mendaki gunung....
  • HOT !
    Telah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan roda empat di Tol Cawang KM 00, Jakarta Timur sekitar pukul 04.20.  Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagara menyampaikan ada 13 korban karena kecelakaan maut tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)