SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Langgar Hak Cipta, Starbucks Dituntut 10 Miliar oleh Seniman Brooklyn

Rabu, 01 Juli 2015 09:00 by zia92 | 3305 hits
Langgar Hak Cipta, Starbucks Dituntut 10 Miliar oleh Seniman Brooklyn
Image source: greatideas.

DREAMERSRADIO.COM - Maya Hayuk adalah seorang seniman di Brooklyn yang dikenal dengan seni mural abstrak berwarna-warni yang ia ciptakan di seluruh dunia. Sekarang, dirinya menggugat salah satu perusahaan kopi, Starbucks karena diduga menggunakan karya seninya untuk desain cup mini Frappucino.

Hayuk dan pengacaranya mengajukan gugatan pada 24 Juni dan mengatakan bahwa desain untuk cup mini Frappucino yang digunakan Starbucks adalah karya seninya, dilansir The Daily Mail. Starbuck meluncurkan mini Frappucino pada Mei lalu dan hanya tersedia sampi Juli mendatang saja.

Diketahui bahwa Starbucks pernah menawarkan pada Hayuk bulan Oktober lalu dan mengatakan bahwa mereka “menyukai karyanya”, namun Hayuk terlalu sibuk untuk bekerja dengan perusahaan kopi.

Hayuk mengatakan bahwa desain cup milik Starbucks yang dinamis dan bentuk segitiganya “sangat mirip” dengan lima lukisannya.

Baca juga: Portal Musik Besar Korea Hutang Royalti Miliaran Rupiah ke Musisi Pemegang Hak Cipta

Menanggapi hal ini, salah seorang juru bicara Starbucks pun mengatakan, “Kami menyadari keluhan telah diajukan, dan kami sedang menyelidiki tuduhan ini.”

Hayuk yang juga memposting beberapa karyanya di website pribadinya menggugat Starbucks di pengadilan federal Manhattan sebesar 750.000 dolar atau sekitar 10 miliar rupiah atas hukum hak cipta dan kerugian mareril yang tak disebutkan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)