SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lebih Mahal dari Emas, Iran Punya Rempah-rempah Termahal

Selasa, 30 Juni 2015 20:17 by zia92 | 5449 hits
Lebih Mahal dari Emas, Iran Punya Rempah-rempah Termahal
Image source: CNN

DREAMERSRADIO.COM - Rempah-rempah paling mahal dan paling di cari di dunia ada di Iran. Rempah yang juga dikenal sebagai emas merah ini dihargai 65 dolar atau sekitar 868.000 rupiah. Dengan harga fantastis seperti itu tentu Saffron mengalahkan harga logam mulia, emas.

Harganya yang tinggi ini didapat karena saffron dibudidayakan dengan cara dipetik langsung dengan tangan. Sebangay 200.000 helai safron dipetik dari 70.000 bunga Crotus Sativa untuk setiap ponnya, dilansir CNN.

Untuk segi produksi saffron, Iran sudah tak terbantahkan lagi. Sudah menjadi tradisi selama 3000 tahun, negara ini menghasilkan saffron sebanyak 90% dari 250 ton saffron yang diproduksi dari seluruh dunia.


Image source: CNN

Dengan kondisi ekologi di Iran yang unik, membuat tanaman aromatik dengan rasa yang kuat ini tumbuh subur dan dijadikan sebagai bahan masakan lokal, obat tradisional, sampai kosmetik.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, bisnis ini sangat sulit dijalankan bagi pada pedagang karena sanksi internasional yang didapat Iran atas program nuklirnya. Hal itu membuat akses pasar ke Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada ditutup.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Dokter spesialis anestesi Stefanus Taofik meninggal dunia di ruang intensive care unit (ICU) RSPI pada hari Selasa sekitar pukul 18.33 WIB. Sebelum meninggal, pria yang tengah menempuh pendidikan subspesialis Konsultasn Intensive Care (KIC) itu sempat menuliskan pesan untuk sang anak....
  • HOT !
    Jika kepolisian telah berhasil menangkap beberapa pelaku perampokan yang membunuh Davidson Tantono di SPBU Daan Mogot jelang Lebaran kemarin, pelaku perampok gagal yang menembak seorang mahasiswi di Karawaci belum kunjung terdengar kabarnya....
  • HOT !
    Putri dari Presiden Joko Widodo yang bernama Kahiyang Ayu disinyalir telah dilamar sang kekasih setelah dirinya mengunggah sebuah foto romantis bernuansa hitam putih di Instagram pribadinya. Ia terlihat memamerkan cincin yang melingkar di jari manis tangan kirinya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Kris EXO, Choi Seung Hyun a.k.a TOP BigBang, Choi Luna (OC) , Luhan EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)