home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lebih Mahal dari Emas, Iran Punya Rempah-rempah Termahal

Selasa, 30 Juni 2015 20:17 by fzhchyn | 7051 hits
Lebih Mahal dari Emas, Iran Punya Rempah-rempah Termahal
Image source: CNN

DREAMERSRADIO.COM - Rempah-rempah paling mahal dan paling di cari di dunia ada di Iran. Rempah yang juga dikenal sebagai emas merah ini dihargai 65 dolar atau sekitar 868.000 rupiah. Dengan harga fantastis seperti itu tentu Saffron mengalahkan harga logam mulia, emas.

Harganya yang tinggi ini didapat karena saffron dibudidayakan dengan cara dipetik langsung dengan tangan. Sebangay 200.000 helai safron dipetik dari 70.000 bunga Crotus Sativa untuk setiap ponnya, dilansir CNN.

Untuk segi produksi saffron, Iran sudah tak terbantahkan lagi. Sudah menjadi tradisi selama 3000 tahun, negara ini menghasilkan saffron sebanyak 90% dari 250 ton saffron yang diproduksi dari seluruh dunia.


Image source: CNN

Dengan kondisi ekologi di Iran yang unik, membuat tanaman aromatik dengan rasa yang kuat ini tumbuh subur dan dijadikan sebagai bahan masakan lokal, obat tradisional, sampai kosmetik.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, bisnis ini sangat sulit dijalankan bagi pada pedagang karena sanksi internasional yang didapat Iran atas program nuklirnya. Hal itu membuat akses pasar ke Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada ditutup.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)