SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Krisis Ekonomi Makin Parah, Yunani Tutup Bank

Senin, 29 Juni 2015 12:56 by syaifan | 1607 hits
Krisis Ekonomi Makin Parah, Yunani Tutup Bank
Image source: reuters.com

DREAMERSRADIO.COM - Krisis ekonomi yang melanda Yunani sejak beberapa tahun terakhir mencapai puncaknya pada Senin (29/6) pagi ini. Pemerintah Yunani mengeluarkan pengumuman publik bahwa semua bank di Yunani akan ditutup secara serentak mulai hari ini hingga 6 Juli 201 mendatang. Demikian seperti dikutip New York Times.

Akibat penutupan bank tersebut, warga Yunani pun berbondong-bondong mendatangi ATM dan mengambil uang mereka meski harus antre dengan waktu yang cukup lama. Saat mengambil uang di ATM pun mereka juga dibatasi maksimal hanya bisa menarik sebanyak 60 Euro saja.

Keputusan penutupan bank yang disampaikan oleh Perdana Menteri Alexis Tsipras dalam pidatonya yang ditayangkan pada Minggu (28/6) malam tadi ini dilakukan menyusul pernyataan Bank Sentral Eropa yang mengatakan tidak akan memperpanjang masa pinjaman Yunani.

Negosiasi yang dilakukan akhir pekan lalu terhadap Bank Sentral Eropa tidak menemui kesepakatan baru karena Yunani belum bisa melunasi hutang dari pinjaman mereka sebelumnya. Masa pinjaman Yunani sendiri diketahui akan berakhir pada Selasa (30/6) besok.

Baca juga: Aneh, EgyptAir dan Yunani Beri Klaim Tak Kompak Soal Puing Pesawat di Laut Mediterania

Untuk mengatasi hal ini, Alexis Tsipras mengatakan akan menggelar referendum pada Minggu (5/6) mendatang guna mengambil keputusan dari warganya apakah Yunani akan mengambil pinjaman baru dari kreditor internasional lainnya yang sudah menawarkan pinjaman ke negara Eropa Timur tersebut.

Di saat yang bersamaan, Alexis pun menyampaikan kekecewaannya terhadap para menteri keuangan negara-negara Eropa yang menolak permohonan perpanjangan pinjaman Yunani. Bahkan, ia merasa para menteri tersebut seperti ingin memeras Yunani dan menghalangi kebebasan berdemokrasi.

“Hal ini sangat jelas terlihat bahwa keputusan ini tidak lain adalah bertujuan untuk memeras rakyat Yunani dan menghalangi prosedur kelancaran demokrasi dari sebuah referendum,” katanya. (Syf)

  • HOT !
    Terjadi berbagai penolakan atas jenazah para pelaku bom bunuh diri Jawa Timur. Jika sebelumnya untuk kasus bom tiga gereja pelakunya tak diakui keluarga padahalwarga bersedia, hal serupa juga terjadi pada pelau bom Rusun Wonocolo....
  • HOT !
    Foto resmi Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi saat baru menjabat sebagai presiden pada 2014 kembali mencuri perhatian dan mendadak viral. Netizen internasional ramai menyebut bahwa Jokowi mirip dengan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama....
  • HOT !
    Beredar kabar viral yang mengatakan jika layanan pesan antar makanan dari Gojek yaitu Gofood disusupi ISIS. Sebuah pesan berantai mengatakan jika Gofood telah disusupi kelompok radikal ISIS yang membubuhi racun ke makanan yang dipesan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)