home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Krisis Ekonomi Makin Parah, Yunani Tutup Bank

Senin, 29 Juni 2015 12:56 by syaifan | 1744 hits
Krisis Ekonomi Makin Parah, Yunani Tutup Bank
Image source: reuters.com

DREAMERSRADIO.COM - Krisis ekonomi yang melanda Yunani sejak beberapa tahun terakhir mencapai puncaknya pada Senin (29/6) pagi ini. Pemerintah Yunani mengeluarkan pengumuman publik bahwa semua bank di Yunani akan ditutup secara serentak mulai hari ini hingga 6 Juli 201 mendatang. Demikian seperti dikutip New York Times.

Akibat penutupan bank tersebut, warga Yunani pun berbondong-bondong mendatangi ATM dan mengambil uang mereka meski harus antre dengan waktu yang cukup lama. Saat mengambil uang di ATM pun mereka juga dibatasi maksimal hanya bisa menarik sebanyak 60 Euro saja.

Keputusan penutupan bank yang disampaikan oleh Perdana Menteri Alexis Tsipras dalam pidatonya yang ditayangkan pada Minggu (28/6) malam tadi ini dilakukan menyusul pernyataan Bank Sentral Eropa yang mengatakan tidak akan memperpanjang masa pinjaman Yunani.

Negosiasi yang dilakukan akhir pekan lalu terhadap Bank Sentral Eropa tidak menemui kesepakatan baru karena Yunani belum bisa melunasi hutang dari pinjaman mereka sebelumnya. Masa pinjaman Yunani sendiri diketahui akan berakhir pada Selasa (30/6) besok.

Baca juga: Pemandangan Indah, Ini 5 Lokasi Syuting Drama Korea di Luar Negeri

Untuk mengatasi hal ini, Alexis Tsipras mengatakan akan menggelar referendum pada Minggu (5/6) mendatang guna mengambil keputusan dari warganya apakah Yunani akan mengambil pinjaman baru dari kreditor internasional lainnya yang sudah menawarkan pinjaman ke negara Eropa Timur tersebut.

Di saat yang bersamaan, Alexis pun menyampaikan kekecewaannya terhadap para menteri keuangan negara-negara Eropa yang menolak permohonan perpanjangan pinjaman Yunani. Bahkan, ia merasa para menteri tersebut seperti ingin memeras Yunani dan menghalangi kebebasan berdemokrasi.

“Hal ini sangat jelas terlihat bahwa keputusan ini tidak lain adalah bertujuan untuk memeras rakyat Yunani dan menghalangi prosedur kelancaran demokrasi dari sebuah referendum,” katanya. (Syf)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)