SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Krisis Ekonomi Makin Parah, Yunani Tutup Bank

Senin, 29 Juni 2015 12:56 by syaifan | 1573 hits
Krisis Ekonomi Makin Parah, Yunani Tutup Bank
Image source: reuters.com

DREAMERSRADIO.COM - Krisis ekonomi yang melanda Yunani sejak beberapa tahun terakhir mencapai puncaknya pada Senin (29/6) pagi ini. Pemerintah Yunani mengeluarkan pengumuman publik bahwa semua bank di Yunani akan ditutup secara serentak mulai hari ini hingga 6 Juli 201 mendatang. Demikian seperti dikutip New York Times.

Akibat penutupan bank tersebut, warga Yunani pun berbondong-bondong mendatangi ATM dan mengambil uang mereka meski harus antre dengan waktu yang cukup lama. Saat mengambil uang di ATM pun mereka juga dibatasi maksimal hanya bisa menarik sebanyak 60 Euro saja.

Keputusan penutupan bank yang disampaikan oleh Perdana Menteri Alexis Tsipras dalam pidatonya yang ditayangkan pada Minggu (28/6) malam tadi ini dilakukan menyusul pernyataan Bank Sentral Eropa yang mengatakan tidak akan memperpanjang masa pinjaman Yunani.

Negosiasi yang dilakukan akhir pekan lalu terhadap Bank Sentral Eropa tidak menemui kesepakatan baru karena Yunani belum bisa melunasi hutang dari pinjaman mereka sebelumnya. Masa pinjaman Yunani sendiri diketahui akan berakhir pada Selasa (30/6) besok.

Baca juga: Aneh, EgyptAir dan Yunani Beri Klaim Tak Kompak Soal Puing Pesawat di Laut Mediterania

Untuk mengatasi hal ini, Alexis Tsipras mengatakan akan menggelar referendum pada Minggu (5/6) mendatang guna mengambil keputusan dari warganya apakah Yunani akan mengambil pinjaman baru dari kreditor internasional lainnya yang sudah menawarkan pinjaman ke negara Eropa Timur tersebut.

Di saat yang bersamaan, Alexis pun menyampaikan kekecewaannya terhadap para menteri keuangan negara-negara Eropa yang menolak permohonan perpanjangan pinjaman Yunani. Bahkan, ia merasa para menteri tersebut seperti ingin memeras Yunani dan menghalangi kebebasan berdemokrasi.

“Hal ini sangat jelas terlihat bahwa keputusan ini tidak lain adalah bertujuan untuk memeras rakyat Yunani dan menghalangi prosedur kelancaran demokrasi dari sebuah referendum,” katanya. (Syf)

Komentar
  • HOT !
     Kakbah adalah sebuah bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di Mekah, Masjidil Haram. Bangunan itu dijadikan arah kiblat saat melaksanakan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Hingga sekarang ini, bangunan Kakbah selalu ditutup oleh sebuah kain hitam atau yang disebut kiswah....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....
  • HOT !
    Sosok seorang pangeran dari Arab Saudi jadi pembicaraan viral lantaran terungkap menjadi pembeli lukisan Yesus Kristus yang diklaim sebagai yang termahal di dunia. Kegiatannya ini disebut berpotensi memicu kontroversi karena perilakunya dianggap tak Islami....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)