SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Dahsyat Nepal Ternyata Buat Gunung Everest Bergeser!

Rabu, 17 Juni 2015 18:18 by ningcil | 3488 hits
Gempa Dahsyat Nepal Ternyata Buat Gunung Everest Bergeser!
Image source: trueactivis

DREAMERSRADIO.COM - Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter yang mengguncang Nepal pada 25 April lalu rupanya memiliki imbas yang cukup besar untuk gunung tertinggi di dunia Everest. Dilaporkan pada posisi Everest bergeser sebanyak 3cm pasca gempa dahsyat tersebut.

Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Lembaga Survei, Pemetaan, dan Geinformasi Nasional China. Gunung Everest bergeser sebanyak 3 cm ke arah barat daya, namun hal tersebut tak mempengaruhi tingginya, seperti dilaporkan CNN Indonesia.

Media resmi China, Xinhua melaporkan bahwa Lembaga itu meletakkan sistem monitor di puncak Everest pada 2005 untuk meneliti pergerakan gunung.

Akan tetapi data ini berlawanan dengan radar satelit milik Eropa, Sentinel 1-A yang melakukan pengamatan udara. Pihaknya menemukan bahwa gempa yang menewaskan 8.000 orang tewas ini membuat Puncak Everest menyusut hingga 2,8 cm.

Baca juga: Adik Ha Ji Won Meninggal Hingga Gempa Bumi di Lebak Ramaikan Berita Sepekan Terakhir

Dalam satu dekade, tercatat bahwa Everest sudah bergerak ke arah timur laut dengan kecepatan 4 cm per tahun, dan bertambah tinggi 0,3 cm setiap tahunnya. Ini menandakan bahwa Everest telah bergeser sebanyak 40 cm selama 10 tahun.

Namun dengan terjadinya gempa pada April lalu, Everest yang terletak di perbatasan Nepal dan China ini bergerak ke posisi semula seperti sembilan bulan sebelum gempa.

(ncl)

  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
  • HOT !
    Bandara Internasional Changi di Singapura terkenal dengan fasilitas mewah, lengkap dan tentu pelayanan memuaskan. Salah satu pelayanan yang paling diidamkan dari sebuah bandara adalah ketepatan waktu....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)