SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Dahsyat Nepal Ternyata Buat Gunung Everest Bergeser!

Rabu, 17 Juni 2015 18:18 by ningcil | 3428 hits
Gempa Dahsyat Nepal Ternyata Buat Gunung Everest Bergeser!
Image source: trueactivis

DREAMERSRADIO.COM - Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter yang mengguncang Nepal pada 25 April lalu rupanya memiliki imbas yang cukup besar untuk gunung tertinggi di dunia Everest. Dilaporkan pada posisi Everest bergeser sebanyak 3cm pasca gempa dahsyat tersebut.

Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Lembaga Survei, Pemetaan, dan Geinformasi Nasional China. Gunung Everest bergeser sebanyak 3 cm ke arah barat daya, namun hal tersebut tak mempengaruhi tingginya, seperti dilaporkan CNN Indonesia.

Media resmi China, Xinhua melaporkan bahwa Lembaga itu meletakkan sistem monitor di puncak Everest pada 2005 untuk meneliti pergerakan gunung.

Akan tetapi data ini berlawanan dengan radar satelit milik Eropa, Sentinel 1-A yang melakukan pengamatan udara. Pihaknya menemukan bahwa gempa yang menewaskan 8.000 orang tewas ini membuat Puncak Everest menyusut hingga 2,8 cm.

Baca juga: Curhat Jokowi yang Tak Tidur Karena Gempa Melanda Selatan Pulau Jawa

Dalam satu dekade, tercatat bahwa Everest sudah bergerak ke arah timur laut dengan kecepatan 4 cm per tahun, dan bertambah tinggi 0,3 cm setiap tahunnya. Ini menandakan bahwa Everest telah bergeser sebanyak 40 cm selama 10 tahun.

Namun dengan terjadinya gempa pada April lalu, Everest yang terletak di perbatasan Nepal dan China ini bergerak ke posisi semula seperti sembilan bulan sebelum gempa.

(ncl)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)