SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Akan Umumkan Awal Ramadhan 1436 H Hari Ini Usai Maghrib

Selasa, 16 Juni 2015 10:59 by ningcil | 1505 hits
Pemerintah Akan Umumkan Awal Ramadhan 1436 H Hari Ini Usai Maghrib
Image source: suara-islam

DREAMERSRADIO.COM - Setelah beberapa tahun sebelumnya melaksanakan puasa dan lebaran yang berbeda dari pemerintah, di tahun ini Organisasi Masyarakat Islam Muhammadiyah akan memulai puasa Ramadhan pada Kamis, 18 Juni 2015. Diperkirakan pelaksanaan puasa dan lebaran Muhammadiyah akan bersamaan dengan pemerintah dan ormas Islam lainnya.

Hal ini seperti yang dilaporkan CNN Indonesia saat mewawancarai Anwar Abbas, Bendahara Muhammadiyah. “Akan dimulai hari Kamis, insya Allah bersamaan,” katanya pada Selasa (16/06).

Sementara itu pemerintah sendiri melalui Kementerian Agama baru akan mengumumkan awal Ramadhan 1436 H/2015 M pada Selasa (16/06) sore nanti setelah menggelar sidang istbat.

Jika hari ini hilal atau bulan baru bisa dilihat, maka awal Ramadhan akan dimulai Rabu (17/06). Namun jika hilal tak terlihat maka bulan Sya’ban (bulan sebelum Ramadhan menurut penganggalan Hijriyah) akan digenapkan menjadi 30 hari dan Ramadhan akan ditetapkan pada Kamis, 18 Juni 2015.

Baca juga: Waspada Penyakit-penyakit yang Rentan Menyerang Selama Mudik

Namun meski begitu Anwar memperkirakan jika pemerintah juga akan memutuskan awal Ramadhan pada hari Kamis (18/06), mengingat beberapa tahun sebelumnya Muhammadiyah memulai puasa satu hari lebih awal dari keputusan pemerintah. Ia juga yakin jika selama empat tahun kedepan Indonesia akan melaksanakan puasa dan lebaran secara bersamaan.

Di sidang istbat yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama sore ini, para ulama akan hadir untuk menentukan jatuhnya awal ibadah puasa, termasuk para pakar astronomi untuk melihat hisab dari bidang keilmuan masing-masing.

Kementerian Agama sendiri telah menyebar jajarannya di setiap provinsi untuk mengamati hilal, sebagai tanda jatuhnya Ramadhan. Pengumuman awal Ramadhan akan dilakukan pada Selasa (16/06) sore ini usai shalat Maghrib.

(ncl/CNN Indonesia)

  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
  • HOT !
    Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud memang telah menunjuk anak kandungnya, Pangeran Mohammed bin Salman atau yang sering disapa MBS sebagai pewarisnya. Namun kini rencana tersebut harus terusik dengan seruan kudeta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)