SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Akan Umumkan Awal Ramadhan 1436 H Hari Ini Usai Maghrib

Selasa, 16 Juni 2015 10:59 by ningcil | 1484 hits
Pemerintah Akan Umumkan Awal Ramadhan 1436 H Hari Ini Usai Maghrib
Image source: suara-islam

DREAMERSRADIO.COM - Setelah beberapa tahun sebelumnya melaksanakan puasa dan lebaran yang berbeda dari pemerintah, di tahun ini Organisasi Masyarakat Islam Muhammadiyah akan memulai puasa Ramadhan pada Kamis, 18 Juni 2015. Diperkirakan pelaksanaan puasa dan lebaran Muhammadiyah akan bersamaan dengan pemerintah dan ormas Islam lainnya.

Hal ini seperti yang dilaporkan CNN Indonesia saat mewawancarai Anwar Abbas, Bendahara Muhammadiyah. “Akan dimulai hari Kamis, insya Allah bersamaan,” katanya pada Selasa (16/06).

Sementara itu pemerintah sendiri melalui Kementerian Agama baru akan mengumumkan awal Ramadhan 1436 H/2015 M pada Selasa (16/06) sore nanti setelah menggelar sidang istbat.

Jika hari ini hilal atau bulan baru bisa dilihat, maka awal Ramadhan akan dimulai Rabu (17/06). Namun jika hilal tak terlihat maka bulan Sya’ban (bulan sebelum Ramadhan menurut penganggalan Hijriyah) akan digenapkan menjadi 30 hari dan Ramadhan akan ditetapkan pada Kamis, 18 Juni 2015.

Baca juga: Waspada Penyakit-penyakit yang Rentan Menyerang Selama Mudik

Namun meski begitu Anwar memperkirakan jika pemerintah juga akan memutuskan awal Ramadhan pada hari Kamis (18/06), mengingat beberapa tahun sebelumnya Muhammadiyah memulai puasa satu hari lebih awal dari keputusan pemerintah. Ia juga yakin jika selama empat tahun kedepan Indonesia akan melaksanakan puasa dan lebaran secara bersamaan.

Di sidang istbat yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama sore ini, para ulama akan hadir untuk menentukan jatuhnya awal ibadah puasa, termasuk para pakar astronomi untuk melihat hisab dari bidang keilmuan masing-masing.

Kementerian Agama sendiri telah menyebar jajarannya di setiap provinsi untuk mengamati hilal, sebagai tanda jatuhnya Ramadhan. Pengumuman awal Ramadhan akan dilakukan pada Selasa (16/06) sore ini usai shalat Maghrib.

(ncl/CNN Indonesia)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)