SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apa Sebenarnya yang Dirasakan Warga Korea Selatan Soal Wabah MERS?

Senin, 15 Juni 2015 14:56 by citra09 | 2963 hits
Apa Sebenarnya yang Dirasakan Warga Korea Selatan Soal Wabah MERS?
Image source: Reuters

DREAMERSRADIO.COM - Di tengah kepanikan mengenai tersebarnya wabah MERS di Korea Selatan, hal ini tentu menjadi kekhawatiran pemerintah hingga industri hiburan. Namun, apa sebenarnya yang dirasakan oleh warga Korea Selatan sendiri mengenai virus mematikan ini?

Dilaporkan AllkpopBuzz, belum lama ini, channel YouTube ‘BapMokJa’ mencoba menjawab pertanyaan tersebut, dengan meminta pendapat orang-orang di distrik besar di Seoul, seperti Gangnam, Hongdae, dan Myeong-dong.

Beberapa pertanyaan yang diajukan di antaranya adalah ‘Apakah MERS menakutkan?’, ‘Mengapa MERS tidak menakutkan’, dan ‘Apakah mereka memiliki masker?’. Menjawab pertanyaan pertama, beberapa mengatakan bahwa MERS sangatlah menakutkan.

Sementara lainnya masih merasa optimis, dengan mengatakan bahwa wabah ini tak terlalu menakutkan dan ada yang “sama sekali tak memikirkan virus mematikan ini”. Ada juga yang mengatakan bahwa “awalnya menakutkan’, namun saat ini ‘jadi tak terlalu menakutkan’.

Alasan mengapa mereka takut atau tak terlalu takutpun cukup beragam. Beberapa takut karena virus ini bisa 40% menyebar dengan mudah ke orang-orang terdekat, mulai dari anggota keluarga hingga teman. Sementara lainnya merasa bahwa kebersihan atau kehigienisan yang selalu mereka jaga bisa mencegah penularan virus tersebut.

Baca juga: Kembali ke Tanah Air, Jamaah Haji Asal NTB Diduga Terkena Virus Mers

Beberapa orang juga mengekspresikan kekesalan mereka pada media yang menganggap bahwa pemberitaan mengenai ancaman virus MERS terlalu dilebih-lebihkan. Faktanya, seorang pria mengutip nasihat dari seorang pekerja medis bahwa, “Orang yang sehat sulit terinfeksi virus ini. Wabah ini hanya seperti flu atau demam biasa.”

Terakhir, orang-orang ditanya mengenai penutup wajah atau masker yang biasa digunakan untuk tindakah pencegahan wabah MERS. Meski hampir semua orang yang diwawancara mengatakan telah memiliki masker, namun beberapa mengatakan kesulitannya mendapatkan masker karena selalu sold out.

Tetapi banyak juga yang memilih untuk tak mengenakan masker karena dirasa tak nyaman, apalagi musim panas kini tengah melanda Korea. Seorang wanita di Hongdae mengklaim bahwa ia tak butuh masker karena virus MERS belum tersebar, sekaligus menjelaskan alasan mengapa banyak orang yang masih ramai berlalu lalang di pinggir jalan Hongdae. Gimana menurutmu?

(ctr)

  • HOT !
    Setelah pembatalan sepihak dari Amerika Serikat soal pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un dari Korea Utara kembali bertemu dengna Presiden Korea Selatan, Moon Jae In....
  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)