home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apa Sebenarnya yang Dirasakan Warga Korea Selatan Soal Wabah MERS?

Senin, 15 Juni 2015 14:56 by citra09 | 3084 hits
Apa Sebenarnya yang Dirasakan Warga Korea Selatan Soal Wabah MERS?
Image source: Reuters

DREAMERSRADIO.COM - Di tengah kepanikan mengenai tersebarnya wabah MERS di Korea Selatan, hal ini tentu menjadi kekhawatiran pemerintah hingga industri hiburan. Namun, apa sebenarnya yang dirasakan oleh warga Korea Selatan sendiri mengenai virus mematikan ini?

Dilaporkan AllkpopBuzz, belum lama ini, channel YouTube ‘BapMokJa’ mencoba menjawab pertanyaan tersebut, dengan meminta pendapat orang-orang di distrik besar di Seoul, seperti Gangnam, Hongdae, dan Myeong-dong.

Beberapa pertanyaan yang diajukan di antaranya adalah ‘Apakah MERS menakutkan?’, ‘Mengapa MERS tidak menakutkan’, dan ‘Apakah mereka memiliki masker?’. Menjawab pertanyaan pertama, beberapa mengatakan bahwa MERS sangatlah menakutkan.

Sementara lainnya masih merasa optimis, dengan mengatakan bahwa wabah ini tak terlalu menakutkan dan ada yang “sama sekali tak memikirkan virus mematikan ini”. Ada juga yang mengatakan bahwa “awalnya menakutkan’, namun saat ini ‘jadi tak terlalu menakutkan’.

Alasan mengapa mereka takut atau tak terlalu takutpun cukup beragam. Beberapa takut karena virus ini bisa 40% menyebar dengan mudah ke orang-orang terdekat, mulai dari anggota keluarga hingga teman. Sementara lainnya merasa bahwa kebersihan atau kehigienisan yang selalu mereka jaga bisa mencegah penularan virus tersebut.

Baca juga: Kembali ke Tanah Air, Jamaah Haji Asal NTB Diduga Terkena Virus Mers

Beberapa orang juga mengekspresikan kekesalan mereka pada media yang menganggap bahwa pemberitaan mengenai ancaman virus MERS terlalu dilebih-lebihkan. Faktanya, seorang pria mengutip nasihat dari seorang pekerja medis bahwa, “Orang yang sehat sulit terinfeksi virus ini. Wabah ini hanya seperti flu atau demam biasa.”

Terakhir, orang-orang ditanya mengenai penutup wajah atau masker yang biasa digunakan untuk tindakah pencegahan wabah MERS. Meski hampir semua orang yang diwawancara mengatakan telah memiliki masker, namun beberapa mengatakan kesulitannya mendapatkan masker karena selalu sold out.

Tetapi banyak juga yang memilih untuk tak mengenakan masker karena dirasa tak nyaman, apalagi musim panas kini tengah melanda Korea. Seorang wanita di Hongdae mengklaim bahwa ia tak butuh masker karena virus MERS belum tersebar, sekaligus menjelaskan alasan mengapa banyak orang yang masih ramai berlalu lalang di pinggir jalan Hongdae. Gimana menurutmu?

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)