SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apa Sebenarnya yang Dirasakan Warga Korea Selatan Soal Wabah MERS?

Senin, 15 Juni 2015 14:56 by citra09 | 2945 hits
Apa Sebenarnya yang Dirasakan Warga Korea Selatan Soal Wabah MERS?
Image source: Reuters

DREAMERSRADIO.COM - Di tengah kepanikan mengenai tersebarnya wabah MERS di Korea Selatan, hal ini tentu menjadi kekhawatiran pemerintah hingga industri hiburan. Namun, apa sebenarnya yang dirasakan oleh warga Korea Selatan sendiri mengenai virus mematikan ini?

Dilaporkan AllkpopBuzz, belum lama ini, channel YouTube ‘BapMokJa’ mencoba menjawab pertanyaan tersebut, dengan meminta pendapat orang-orang di distrik besar di Seoul, seperti Gangnam, Hongdae, dan Myeong-dong.

Beberapa pertanyaan yang diajukan di antaranya adalah ‘Apakah MERS menakutkan?’, ‘Mengapa MERS tidak menakutkan’, dan ‘Apakah mereka memiliki masker?’. Menjawab pertanyaan pertama, beberapa mengatakan bahwa MERS sangatlah menakutkan.

Sementara lainnya masih merasa optimis, dengan mengatakan bahwa wabah ini tak terlalu menakutkan dan ada yang “sama sekali tak memikirkan virus mematikan ini”. Ada juga yang mengatakan bahwa “awalnya menakutkan’, namun saat ini ‘jadi tak terlalu menakutkan’.

Alasan mengapa mereka takut atau tak terlalu takutpun cukup beragam. Beberapa takut karena virus ini bisa 40% menyebar dengan mudah ke orang-orang terdekat, mulai dari anggota keluarga hingga teman. Sementara lainnya merasa bahwa kebersihan atau kehigienisan yang selalu mereka jaga bisa mencegah penularan virus tersebut.

Baca juga: Kembali ke Tanah Air, Jamaah Haji Asal NTB Diduga Terkena Virus Mers

Beberapa orang juga mengekspresikan kekesalan mereka pada media yang menganggap bahwa pemberitaan mengenai ancaman virus MERS terlalu dilebih-lebihkan. Faktanya, seorang pria mengutip nasihat dari seorang pekerja medis bahwa, “Orang yang sehat sulit terinfeksi virus ini. Wabah ini hanya seperti flu atau demam biasa.”

Terakhir, orang-orang ditanya mengenai penutup wajah atau masker yang biasa digunakan untuk tindakah pencegahan wabah MERS. Meski hampir semua orang yang diwawancara mengatakan telah memiliki masker, namun beberapa mengatakan kesulitannya mendapatkan masker karena selalu sold out.

Tetapi banyak juga yang memilih untuk tak mengenakan masker karena dirasa tak nyaman, apalagi musim panas kini tengah melanda Korea. Seorang wanita di Hongdae mengklaim bahwa ia tak butuh masker karena virus MERS belum tersebar, sekaligus menjelaskan alasan mengapa banyak orang yang masih ramai berlalu lalang di pinggir jalan Hongdae. Gimana menurutmu?

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)