SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kemenkes RI: Virus MERS tak Bisa Dibendung di Bandara

Jumat, 12 Juni 2015 12:59 by ningcil | 2031 hits
Kemenkes RI: Virus MERS tak Bisa Dibendung di Bandara
Image source: themalaysia

DREAMERSRADIO.COM - Prof dr Tjandra Yoga Aditama, anggota Komite Emergency WHO dan kepala Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI, mengatakan pemeriksaan di banda tidak sepenuhnya membendung wabah Sindrome Pernafasan Timur Tengah (MERS.

Mengacu kasus di Korea Selatan (Korsel), Prof Tjandra mengatakan virus MERS yang dibawa seseorang sama sekali tidak terdeteksi, ketika si pembawa melewati pemeriksaan di bandara.

"Coba lihat kasus pertama MERS di Korsel," ujar Prof Tjandra kepada INILAHCOM. lewat pesan singkat. "Saat pasien berusia 68 tahun itu tiba dari Timur Tengah di Bandara Incheon pada 4 Mei 2015, dia sehat-sehat saja, tidak ada gejala, sehingga tidak terdeteksi."

Baca juga: Kembali ke Tanah Air, Jamaah Haji Asal NTB Diduga Terkena Virus Mers

Seseorang, masih menurut Prof Tjandra, bisa saja terjangkit MERS tapi tidak sakit dan tanpa keluhan. Akibatnya, virus MERS di tubuh pasien tidak terdeteksi. "Jika tiba di bandara dalam keadaan demam, thermal scanner akan mendeteksi," demikian Prof Tjandra.

"Jika tidak, alat apa pun yang ditempatkan di bandara tidak mampu mendeteksi." Prof Tjandra melanjutkan; "Jadi, pemeriksaan di bandara -- yang memang amat penting -- tidak menjamin bisa membendung virus MERS masuk ke satu negara."

Source:
Komentar
  • HOT !
    Masyarakat menyoroti keputusan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk tidak lagi membuka akses warga melihat proses rapat Pemprov DKI. Karena Anies Sandi tidak mengunggah video semacam itu di channel Youtube lagi....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....
  • HOT !
    Kabar mengejutkan datang dari Fredrich Yunadi yang tak lain adalah pengacara tersangka kasus megakorupsi pengadaan e KTP, Setya Novanto. Fredrich yang dari awal setia mendampingi Novanto dalam proses penyidikan KPK tiba tiba saja memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengacara Ketua DPR tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)