SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kemenkes RI: Virus MERS tak Bisa Dibendung di Bandara

Jumat, 12 Juni 2015 12:59 by ningcil | 2073 hits
Kemenkes RI: Virus MERS tak Bisa Dibendung di Bandara
Image source: themalaysia

DREAMERSRADIO.COM - Prof dr Tjandra Yoga Aditama, anggota Komite Emergency WHO dan kepala Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI, mengatakan pemeriksaan di banda tidak sepenuhnya membendung wabah Sindrome Pernafasan Timur Tengah (MERS.

Mengacu kasus di Korea Selatan (Korsel), Prof Tjandra mengatakan virus MERS yang dibawa seseorang sama sekali tidak terdeteksi, ketika si pembawa melewati pemeriksaan di bandara.

"Coba lihat kasus pertama MERS di Korsel," ujar Prof Tjandra kepada INILAHCOM. lewat pesan singkat. "Saat pasien berusia 68 tahun itu tiba dari Timur Tengah di Bandara Incheon pada 4 Mei 2015, dia sehat-sehat saja, tidak ada gejala, sehingga tidak terdeteksi."

Baca juga: Kembali ke Tanah Air, Jamaah Haji Asal NTB Diduga Terkena Virus Mers

Seseorang, masih menurut Prof Tjandra, bisa saja terjangkit MERS tapi tidak sakit dan tanpa keluhan. Akibatnya, virus MERS di tubuh pasien tidak terdeteksi. "Jika tiba di bandara dalam keadaan demam, thermal scanner akan mendeteksi," demikian Prof Tjandra.

"Jika tidak, alat apa pun yang ditempatkan di bandara tidak mampu mendeteksi." Prof Tjandra melanjutkan; "Jadi, pemeriksaan di bandara -- yang memang amat penting -- tidak menjamin bisa membendung virus MERS masuk ke satu negara."

Source:
  • HOT !
    Berita viral pencurian koper di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta masih mencuat. Pasalnya, jika yang pernah terjadi adalah pencurian koper di bagasi oleh pegawai bandara nakal, kejadian kali ini dilakukan oleh seorang pelajar SMP!...
  • HOT !
    Semakin banyak kejadian tidak biasa yang dilakukan oleh anak di bawah umur belakangan ini. Kali ini ada anak 15 tahun yang baru lulus SMP berinisial RV menjadi pelaku pembunuhan usai nekat menghabisi nyawa bocah 6 tahun hanya karena dendam kepada ibu korban....
  • HOT !
     Aman Abdurrahman yang juga pemimpin JAD atau Jamaah Ansharut Daulah dituntut hukuman mati oleh jaksa pada hari Jumat (18/5). Jumat (25/5) hari ini, ia dijadwalkan membacakan pledoi soal tuntutan tersebut....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)