SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sektor Pariwisata dan Ekonomi di Korea Selatan Anjlok Akibat MERS

Jumat, 12 Juni 2015 10:10 by ningcil | 2114 hits
Sektor Pariwisata dan Ekonomi di Korea Selatan Anjlok Akibat MERS
Image source: engadget.co

DREAMERSRADIO.COM - Berada di urutan kedua setelah Arab Saudi sebagai negara yang paling banyak tertular virus MERS, Korea Selatan yang tengah merasakan popularitas berkat gelombang Hallyu-nya pun mengalami penurunan yang sangat drastis di sektor bisnis dalam pekan pertama Juni 2015.

Dilansir dari CNN Indonesia, kabar terbaru pada Kamis (11/06) menunjukkan bahwa kasus penjangkitan MERS di Korea Selatan telah mencapai 122 orang, termasuk 14 kasus baru. Korban yang terbaru adalah seorang wanita hamil yang diduga terjangkit virus MERS saat berada di UGD sebuah rumah sakit di Seoul.

Untuk menekan penyebaran korban yang terjangkit MERS, sebanyak 3.439 orang harus dikarantina. Sebanyak lebih dari dua ribu sekolah serta puluhan universitas juga ditutup. Masyarakat juga memilih untuk tinggal dirumah dan menjauhi pusat-pusat perbelanjaan, hiburan, dan keramaian.

Hal ini lantas membuat penjualan di pusat perbelanjaan jatuh 25 persen pad apekan pertama Juni dibandingkan dengan rata-rata dua pekan terakhir di bulan Mei. Jumlah toko yang mendiskon barang-barangnya pun mencapai 7,2%. Masyarakat pun memilih untuk berbelanja secara online, terlihat dari angka yang meningkat sebesar 3,2% dari sebelumnya.

Tak hanya perbelanjaan, sektor film bioskop, taman hiburan, tiket pertandingan olahraga, museum, galeri seni dan tempat hiburan lainnya juga anjlok hingga 38 – 81 %.

Baca juga: Kembali ke Tanah Air, Jamaah Haji Asal NTB Diduga Terkena Virus Mers

Menteri Keuangan Korea Selatan, Choi Kyung Hwan pada Rabu (10/06) meminta agar warga Negeri Ginseng ini untuk tidak panik dan menyarankan para konsumen untuk tetap berbelanja kebutuhan masing-masing.

Korea Selatan yang belakangan menyedot banyak sekali wisatawan asing, termasuk dari Indonesia pun juga mengalami penurunan di bidang pariwisata. MERS membuat sektor pariwisata yang menjadi salah satu penyumbang perekonomian Korea Selatan menjadi lesu. Bandara Incheon mengatakan jumlah kedatangan penumpang menurun tajam di awal minggu ini.

Berbagai usaha dilakukan pemerintah Korea Selatan demi menekan angka penularan virus MERS, diantaranya dengan bekerja sama dengan lembaga kesehatan dunia, WHO.

(ncl)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)