SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Malaysia Airlines Tolak Gabung AirAsia

Jumat, 12 Juni 2015 10:05 by ningcil | 1125 hits
Malaysia Airlines Tolak Gabung AirAsia
Image source: dreamersrad

DREAMERSRADIO.COM - CEO maskapai Malaysia Airlines (MAS) Christoph Muller mengatakan, akan menentang setiap upaya penggabungan MAS dan AirAsia, tulis The Star, Kamis (11/6).

"Saya menentang keras upaya seperti ini," kata Muller di tengah konferensi Global Airport Development (GAD) Asia di Kuala Lumpur.

Pada 2012 MAS dan AirAsia diarahkan agar tukar guling saham (share swap) untuk memudahkan kerja sama dan mengurangi tekanan persaingan , tapi nota kesepakatan ini dibatalkan karena serikat pekerja MAS menentang keras upaya penggabungan dua maskapai ini.

Apa lagi tahun lalu pesawat MAS dan AirAsia sama-sama mengalami kecelakaan fatal. Penerbangan MAS MH370 hilang secara misterius bersama pada 8 Maret 2014 saat terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing. Empat bulan kemudian,Pada 17 Juli 2014, pesawat MAS MH17 ditembak pemberontak di Ukraina yang menyebabkan 298 penumpangnya tewas.

Baca juga: Terungkap, Video Mengerikan Hasil Investigasi Hancurnya Malaysia Airlines MH17 Tiga Tahun Lalu

Sementara penerbangan Air Asia QZ8501 jatuh di Laut Jawa saat terbang dari Surabaya ke Singapura pada 28 Desember 2014, 162 penumpangnya tewas.

Muller memprediksi mungkin akan ada penggabungan maskapai penerbangan regional lima tahun mendatang, setidaknya minimal ada dua operator penerbangan di setiap kawasan.

Menurut Muller. Monopoli, terutama pada rute domestik, tidak menguntungkan konsumen atau negara.

"Karena persaingan bukanlah ancaman, tapi pasar yang diuntungkan. Jika tanpa kompetisi, operator menjadi mudah puas dan santai. Operator tidak bisa menawarkan tarif yang menguntungkan penumpang. Fenomena ini terjadi di rute domestik Malaysia dan Australia. Dalam jangka panjang praktik monopoli seperti ini bakal ditinggalkan pasar," kata dia.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Seorang seleb media sosial semacam Instagram, Yong Ning terpaksa harus mengakhiri aksi aksi berbahayanya. Pria asal China tersebut diketahui tewas mengenaskan setelah melakukan aksi maut saat hendak mengambil gambar dari gedung tinggi....
  • HOT !
    Ritual yang dilakukan kepala negara sebelum mengambil keputusan penting biasanya berupa rapat darurat, konsultasi atau hal lainnya sehubungan konsep strategis yang akan diambil. Namun berbeda dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang dikabarkan justru selalu mendaki gunung....
  • HOT !
    Telah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan roda empat di Tol Cawang KM 00, Jakarta Timur sekitar pukul 04.20.  Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagara menyampaikan ada 13 korban karena kecelakaan maut tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)