home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Besar Gaji Sopir Bus Gandeng TransJakarta

Jumat, 05 Juni 2015 08:18 by ningcil | 3616 hits
Ini Besar Gaji Sopir Bus Gandeng TransJakarta
Image source: id.wikipedi

DREAMERSRADIO.COM - Gaji seluruh sopir bus TransJakarta tida semuanya sama. Mereka digaji sesuai dengan tipe bus yang dikemudikannya. Direktur Utama PT TransJakarta Antonius Kosasih mengatakan, sopir bus Transjakarta biasa hanya mendapatkan gaji sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP).

"Yang tiga kali UMP itu buat bus gandeng. Jadi tergantung jenis busnya. Tambah susah sopir bawa busnya, tambah mahal bayar busnya. Anda bawa motor sama bawa truk tronton kan beda bayarannya. Jadi yang bayarannya paling mahal itu yang bus articulated (gandeng) tipe baru," ujar Kosasih di Balaikota Jakarta, Rabu (3/6/2015).

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menetapkan bahwa UMP DKI Jakarta di tahun 2015 sebesar Rp. 2,7 juta dan jika dikalikan tigam maka gaji sopir bus gandeng TransJakarta adalah Rp. 8,1 juta perbulannya.

Menurutnya, supir bus yang bernaung di bawah Jakarta Mega Trans (JMT) hanya mendapatkan gaji satu kali UMP atau Rp. 2,7 juta. Sebab mereka mengoperasikan bus single.

Baca juga: DKI Jakarta Rugi Rp 25 Miliar Akibat Demo Rusuh

"Bahan bakarnya juga kalau tidak salah masih solar. Ada yang solar, ada yang sudah gas. Sopir-sopir yang dikontrak mereka (JMT) membandingkannya dengan kontrak sopir yang sudah menggunakan bus gandeng. Beda dong bayarannya," katanya.

Kosasih mengatakan, pihaknya tidak akan memenuhi tuntutan para sopir JMT yang meminta kenaikan gaji hingga tiga kali UMP. Bahkan PT Transjakarta meminta pihak JMT untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Kalau mereka bisa mengadakan bus yang sama, kami bayar rupiah per kilometernya dengan harga yang sama. Kalau busnya baru, kami langsung OK. Besok juga langsung bisa jalan. JMT mau, cuma kan kalau mereka mau pengadaan bus kan perlu waktu," ujar dia.

Sebelumnya, para sopir bus JMT melakukan demo menuntut kenaikan gaji, sehingga mereka mogok bekerja. Saat ini operator yang tercatat telah mengoperasikan bus gandeng adalah operator Damri dan Trans Mayapada Busway (TMB). Damri beroperasi di koridor 1, 8, dan 11; sedangkan TMB di koridor 9 dan 10. [ind]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Pemerintah telah mengumumkan keputusan melalui Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang disampaikan oleh Ida Fauziah, bahwa pada tahun 2021 mendatang tidak ada kenaikan upah minimum. Berarti, tidak ada kenaikan upah minimum provinsi (UMP), atau pun upah minimum kabupaten/kota (UMK)....
  • HOT !
    Bilingual merupakan kemampuan seseorang yang bisa bicara dua bahasa yang berbeda. Buktinya, kemampuan bilingual tidak hanya berguna untuk kebutuhan berkomunikasi dan memperluas jejaring, tetapi juga untuk kesehatan otak....
  • HOT !
    Pada Sabtu (24/10) kemarin, Jusuf Kalla mendampingi penandatanganan naskah perjanjian kerja sama (PKS) pendirian dan pembangunan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam di Indonesia, yang disebutnya akan menjadi ikon baru Jakarta....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)