SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waisak 2559 Umat Buddha Galang Dana Bagi Muslim Rohingya

Rabu, 03 Juni 2015 09:06 by ningcil | 793 hits
Waisak 2559 Umat Buddha Galang Dana Bagi Muslim Rohingya
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Umat Buddha wilayah Malang menggalang dana bagi Muslim Rohingya. Umat Buddha diminta untuk prihatin dan peduli akan nasib Muslim etnis Rohingya asal Myanmar tersebut.

Ketua Padepokan Dhammadipa Arama Batu-Malang, Bikkhu Khantidharo, di Malang, Selasa mengatakan padepokan yang dipimpinnya itu juga telah membuat pernyataan sikap bersama Majelis Taklim dan Dakwah Husnul Khotimah (MTDHK) yang akan dikirimkan ke Kedutaan Besar Myanmar.

"Kami seluruh umat Buddha sangat prihatin atas kekejaman yang menimpa umat Muslim di Myanmar. Dalam pernyataan sikap yang akan kami kirimkan ke kedutaan itu, kami juga minta agar Myanmar segera menghentikan kekerasan tersebut," katanya di sela pawai memperingati Hari Raya Waisak di Malang, Selasa (2/6).

Selain ditujukan untuk Kedutaan Myanmar, pihaknya juga mengimbau agar umat Buddha dan seluruh vihara yang ada di Batu dan Malang memasang spanduk 'Save Rohingya' dan menggalang dana untuk disumbangkan pada pengungsi Rohingya.

Baca juga: Mengintip Prosesi Waisak yang Juga Miliki Tradisi Buat Orang Lain Bahagia

"Kami mengajak seluruh umat di Tanah Air ini untuk membuka mata atas kondisi umat Muslim Rohingya sebagai toleransi kepada sesama saudara. Umat manusia di dunia ini adalah bersaudara, sehingga kita semua harus bahu membahu menggalang bantuan dan dana jika ada saudara kita yang kesusahan," ujarnya.

Sementara itu, umat Buddha di wilayah Kabupaten Malang dan sekitarnya merayakan Hari Raya Waisak di Candi Sumberawan di Kecamatan Singosari, termasuk warga di kawasan lereng Gunung Bromo.

Perayaan Waisak di Candi Sumberawan diawali dengan ritual Pradaksina atau mengitari Candi Sumberawan sebanyak tiga kali. Selanjutnya, umat menyalakan lilin panca warna sebelum memasuki acara Puja Bhakti Waisak.

Setiap perayaan Waisak, Candi Sumberawan selalu dibanjiri ratusan umat Budha yang melakukan ritual Pradaksina. [tar]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)