home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waisak 2559 Umat Buddha Galang Dana Bagi Muslim Rohingya

Rabu, 03 Juni 2015 09:06 by ningcil | 947 hits
Waisak 2559 Umat Buddha Galang Dana Bagi Muslim Rohingya
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Umat Buddha wilayah Malang menggalang dana bagi Muslim Rohingya. Umat Buddha diminta untuk prihatin dan peduli akan nasib Muslim etnis Rohingya asal Myanmar tersebut.

Ketua Padepokan Dhammadipa Arama Batu-Malang, Bikkhu Khantidharo, di Malang, Selasa mengatakan padepokan yang dipimpinnya itu juga telah membuat pernyataan sikap bersama Majelis Taklim dan Dakwah Husnul Khotimah (MTDHK) yang akan dikirimkan ke Kedutaan Besar Myanmar.

"Kami seluruh umat Buddha sangat prihatin atas kekejaman yang menimpa umat Muslim di Myanmar. Dalam pernyataan sikap yang akan kami kirimkan ke kedutaan itu, kami juga minta agar Myanmar segera menghentikan kekerasan tersebut," katanya di sela pawai memperingati Hari Raya Waisak di Malang, Selasa (2/6).

Selain ditujukan untuk Kedutaan Myanmar, pihaknya juga mengimbau agar umat Buddha dan seluruh vihara yang ada di Batu dan Malang memasang spanduk 'Save Rohingya' dan menggalang dana untuk disumbangkan pada pengungsi Rohingya.

Baca juga: Mengintip Prosesi Waisak yang Juga Miliki Tradisi Buat Orang Lain Bahagia

"Kami mengajak seluruh umat di Tanah Air ini untuk membuka mata atas kondisi umat Muslim Rohingya sebagai toleransi kepada sesama saudara. Umat manusia di dunia ini adalah bersaudara, sehingga kita semua harus bahu membahu menggalang bantuan dan dana jika ada saudara kita yang kesusahan," ujarnya.

Sementara itu, umat Buddha di wilayah Kabupaten Malang dan sekitarnya merayakan Hari Raya Waisak di Candi Sumberawan di Kecamatan Singosari, termasuk warga di kawasan lereng Gunung Bromo.

Perayaan Waisak di Candi Sumberawan diawali dengan ritual Pradaksina atau mengitari Candi Sumberawan sebanyak tiga kali. Selanjutnya, umat menyalakan lilin panca warna sebelum memasuki acara Puja Bhakti Waisak.

Setiap perayaan Waisak, Candi Sumberawan selalu dibanjiri ratusan umat Budha yang melakukan ritual Pradaksina. [tar]

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)