SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Biksu Ashin Wirathu Sebut Muslim Rohingya Musuh Negara Myanmar

Selasa, 26 Mei 2015 19:00 by syaifan | 3038 hits
Biksu Ashin Wirathu Sebut Muslim Rohingya Musuh Negara Myanmar
Image source: gq-magazine

DREAMERSRADIO.COM - Terdamparnya ratusan pengungsi etnis Rohingya asal Myanmar di Aceh sejak pekan lalu tak terlepas dari maraknya kasus pembantaian yang dilakukan oleh kelompok mayoritas gerakan Anti Islam yang terdapat di Myanmar. Menanggapi hal ini, pemimpin gerakan agama Buddha di Myanmar Biksu Ashin Wirathu pun angkat bicara.

Dalam wawancara terbarunya dengan Los Angeles Times yang dirilis pada Minggu (24/5) lalu Biksu Ashin Wirathu mengatakan secara terang-terangan bahwa kaum muslim Rohingya yang merupakan minoritas di Myanmar adalah musuh terbesar mereka.

“Banyak orang Islam menghancurkan negara kami, masyarakat kami dan agama Buddha,” kata Biksu berusia 46 tahun tersebut.

Menurutnya lagi, apa yang dilakukannya bersama gerakan yang dinamakan kelompok 969 itu adalah sebuah upaya untuk mempertahankan negara Myanmar karena mereka sudah menganggap masyarakat Muslim sebagai musuh utama. Bahkan, Biksu Ashin Wirathu juga menyebut warga Muslim Rohingya sebagai ular dan anjing gila.


Biksu Ashin Wirathu di halaman depan majalah TIME tahun 2013. (time.com)

Baca juga: Habiskan Waktu 10 Tahun, Biksu Ini Berhasil Pecahkan Rekor Berjalan Di Atas Air

Di artikel yang sama, Los Angeles Times juga menuliskan bahwa Biksu Ashin Wirathu adalah sosok yang dirasa paling bertanggungjawab tentang apa yang kini terjadi dan dialami oleh ribuan pengungsu etnis Rohingya lainnya yang berusaha melarikan diri ke Thailand dan Malaysia.

Apa yang dilakukan oleh Biksu Ashin Wirathu dan Gerakan 969-nya kini telah menuai protes dari banyak pihak di seluruh dunia. Gerakan tersebut dilaporkan sebuah lembaga kemanusiaan telah melakukan kejahatan genosida dan diskriminasi agama sejak tahun 2012 dan tercatat setidaknya sudah lebih dari 100 ribu orang Muslim dari etnis Rohingya yang bermukim di bagian barat Rakhine, Myanmar menjadi korban.

Majalah TIME pada tahun 2013 bahkan secara kontroversial memuat wajah Biksu Ashin Wirathu di halaman depan mereka dengan judul tema yang membahas teroris Buddha yakni ‘The Face Of Buddhist Terror’.

(Syf)

Komentar
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Setya Novanto akhirnya mengundurkan diri sebagai Ketua DPR RI melalui sebuah surat. Bersamaan dengan surat pengunduran diri tersebut Novanto juga menunjuk Azis Syamsuddin sebagai Ketua DPR RI baru yang akan menggantikan dirinya. Keputusan sepihak itu lantas menuai kontroversi....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)