SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Minta Siswanya Isi Sumpah Anti Bunuh Diri, Sekolah di Korea Tuai Kontroversi

Selasa, 26 Mei 2015 14:00 by citra09 | 1987 hits
Minta Siswanya Isi Sumpah Anti Bunuh Diri, Sekolah di Korea Tuai Kontroversi
Image source: Soompi

DREAMERSRADIO.COM - Saat masuk ke sekolah yang baru, siswa biasanya akan diminta mengisi data untuk keperluan administrasi dan lainnya. Namun di Korea Selatan, siswa sekolah dasar yang baru masuk justru diminta mengisi sebuah sumpah yang langsung menuai kontroversi.

Dilaporkan Soompi, belum lama ini dunia maya dihebohkan dengan sebuah postingan ‘sumpah anti bunuh diri’ yang harus diisi oleh para siswa yang baru masuk sekolah dasar, yang langsung menimbulkan berbagai kritikan.

Tak heran jika sumpah ini dibuat, sebab Korea Selatan memang menjadi salah satu negara yang tingkat bunuh dirinya cukup tinggi. Namun dibuatnya sumpah ini justru dikhawatirkan akan berpengaruh buruk bagi para siswa baru yang masih di bawah umur ini.


Image source: Soompi

Postingan tersebut diketahui diunggah oleh seorang ibu yang anaknya diminta untuk mengisi formulir sumpah tersebut. Tak hanya mengisi nama, para siswa juga diminta untuk mengikat janjinya untuk tidak melakukan beberapa poin yang diberikan.

Beberapa poin tersebut di antaranya adalah ‘Saya tidak akan melakukan bunuh diri dan menyakiti diri sendiri’, ‘Saya akan tidur dengan cukup untuk kesehatan’, ‘Agar tidak bunuh diri, jika saya merasa marah, saya akan meminta orang lain untuk mengatasi masalah yang saya hadapi’.

Baca juga: Hal Terakhir yang Dilakukan Wanita Asal Filipina yang Nekat Bunuh Diri di Blok M Square

“Aku menganggap hidupku ini berharga, aku akan menghormati dan mencintai diriku sendiri, dan berjanji tak akan melakukan bunuh diri,” tulis sumpah tersebut. Ibu dari para siswa ini pun mengaku terkejut karena ‘kontrak’ dalam sumpah yang dianggap terlalu eksplisit, termasuk saat tulisan merokok dan alkohol tercantum dalam sumpah tersebut.

Ibu tersebut menulis, “Aku tak bisa memahami apa yang sedang dipikirkan pihak sekolah saat membuat kontrak ini dengan kata-kata menyakiti diri sendiri, alkohol, rokok, dan obat-obatan untuk siswa sekolah dasar.”

Hingga kini, belum diketahui sekolah manakah yang dimaksud, dan apakah semua sekolah dasar yang ada di Korea benar-benar menerapkan peraturan di mana siswanya diminta untuk tandatangan kontrak anti bunuh diri.

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    Menteri Agama Lukman Hakim sempat disoraki oleh sebagian massa Aksi Bela Palestina sebelum dirinya melakukan orasi. Namun saat ditanya apa yang menyebabkan massa melakukan hal tersebut, Lukman mengaku tidak tahu dan merasa biasa saja....
  • HOT !
     Natal segera tiba sebagai hari Raya umat Kristinani yang memperingati hari lahir Yesus. Namun momen tersebut pun tidak lepas dari sosok Bunda Maria. Seperti yang dilakukan seorang seniman asal Kebumen, Jawa Tengah bernama Eddy Ruswanto....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberi klarifikasi jika salah satu program andalannya, yaitu OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) tidak pernah berjanji memberikan modal....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)