home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kelaparan Dan Dipukuli, Inilah Kondisi Pengungsi Rohingya Di Perairan Thailand

Jumat, 22 Mei 2015 17:59 by reinasoebisono | 2208 hits
Kelaparan Dan Dipukuli, Inilah Kondisi Pengungsi Rohingya Di Perairan Thailand
Image source: link.org.au

DREAMERSRADIO.COM - Kaum muslim Rohingya memang sedang terombang-ambing mengenai nasib kehidupannya. Mengungsi dengan penyelundupan perdagangan manusia, baik dari Thailand, Malaysia maupun Indonesia sempat enggan menampung mereka.

Namun kini Indonesia telah mengerahkan bantuan dan menyediakan tempat sederhana bagi mereka yang telah menepi di Aceh. Tapi sebenarnya kondisi yang dialami oleh pengungsi Rohingya lebih memprihatinkan dari itu.

Dikutip CNN, masyarakat Rohingya sering dipukul dan menderita kelaparan di dalam kapal, setidaknya 50 orang Rohingya memutuskan kembali selama akhir pekan setelah membayar kapten kapal sebesar US$200 hingga US$300 (sekitar Rp 2,5-8 juta) per orang pada akhir pekan lalu, ketika perahu masih berada di sekitar perairan Thailand. 

"Suatu hari, para kru kapal sedang makan nasi, dan anak saya mulai menangis, meminta makan. Mereka marah dan membakar lengannya dengan puntung rokok," kata Roshida, salah satu pengungsi sambil menunjukkan bekas luka berbentuk bulat kemerahan di lengan anaknya.

Baca juga: Ratusan Warga Rohingya Tiba Di Pesisir Aceh Ditolak Warga, Ini Alasannya

Meskipun kondisi yang diketahui seperti itu, pejabat pemerintah daerah mengklaim telah memberikan fasilitas yang layak saat berada di kamp pengungsian.

"Kamp-kamp itu stabil. Orang-orang di sana kaya, mereka memiliki tanah dan mereka menjual hasil panen mereka di pasar," kata U Tin Maung Swe, Sekretaris Pemerintah Negara Bagian Rakhine, Myanmar.

Sejak mengungsi dari Myanmar, nasib para kaum muslim Rohingya memang terkatung-katung. Mereka mencoba mengungsi ke Thailand namun mendapatkan perlakuan buruk. Hingga kini masih banyak pengungsi yang berada di laut dan belum jelas nasib ke depannya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)