SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kelaparan Dan Dipukuli, Inilah Kondisi Pengungsi Rohingya Di Perairan Thailand

Jumat, 22 Mei 2015 17:59 by reinasoebisono | 2041 hits
Kelaparan Dan Dipukuli, Inilah Kondisi Pengungsi Rohingya Di Perairan Thailand
Image source: link.org.au

DREAMERSRADIO.COM - Kaum muslim Rohingya memang sedang terombang-ambing mengenai nasib kehidupannya. Mengungsi dengan penyelundupan perdagangan manusia, baik dari Thailand, Malaysia maupun Indonesia sempat enggan menampung mereka.

Namun kini Indonesia telah mengerahkan bantuan dan menyediakan tempat sederhana bagi mereka yang telah menepi di Aceh. Tapi sebenarnya kondisi yang dialami oleh pengungsi Rohingya lebih memprihatinkan dari itu.

Dikutip CNN, masyarakat Rohingya sering dipukul dan menderita kelaparan di dalam kapal, setidaknya 50 orang Rohingya memutuskan kembali selama akhir pekan setelah membayar kapten kapal sebesar US$200 hingga US$300 (sekitar Rp 2,5-8 juta) per orang pada akhir pekan lalu, ketika perahu masih berada di sekitar perairan Thailand. 

"Suatu hari, para kru kapal sedang makan nasi, dan anak saya mulai menangis, meminta makan. Mereka marah dan membakar lengannya dengan puntung rokok," kata Roshida, salah satu pengungsi sambil menunjukkan bekas luka berbentuk bulat kemerahan di lengan anaknya.

Baca juga: Reaksi Pemerintahan Jokowi Saat Disebut Prabowo Pencitraan Usai Kirim Bantuan ke Rohingya

Meskipun kondisi yang diketahui seperti itu, pejabat pemerintah daerah mengklaim telah memberikan fasilitas yang layak saat berada di kamp pengungsian.

"Kamp-kamp itu stabil. Orang-orang di sana kaya, mereka memiliki tanah dan mereka menjual hasil panen mereka di pasar," kata U Tin Maung Swe, Sekretaris Pemerintah Negara Bagian Rakhine, Myanmar.

Sejak mengungsi dari Myanmar, nasib para kaum muslim Rohingya memang terkatung-katung. Mereka mencoba mengungsi ke Thailand namun mendapatkan perlakuan buruk. Hingga kini masih banyak pengungsi yang berada di laut dan belum jelas nasib ke depannya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)