SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kelaparan Dan Dipukuli, Inilah Kondisi Pengungsi Rohingya Di Perairan Thailand

Jumat, 22 Mei 2015 17:59 by reinasoebisono | 2075 hits
Kelaparan Dan Dipukuli, Inilah Kondisi Pengungsi Rohingya Di Perairan Thailand
Image source: link.org.au

DREAMERSRADIO.COM - Kaum muslim Rohingya memang sedang terombang-ambing mengenai nasib kehidupannya. Mengungsi dengan penyelundupan perdagangan manusia, baik dari Thailand, Malaysia maupun Indonesia sempat enggan menampung mereka.

Namun kini Indonesia telah mengerahkan bantuan dan menyediakan tempat sederhana bagi mereka yang telah menepi di Aceh. Tapi sebenarnya kondisi yang dialami oleh pengungsi Rohingya lebih memprihatinkan dari itu.

Dikutip CNN, masyarakat Rohingya sering dipukul dan menderita kelaparan di dalam kapal, setidaknya 50 orang Rohingya memutuskan kembali selama akhir pekan setelah membayar kapten kapal sebesar US$200 hingga US$300 (sekitar Rp 2,5-8 juta) per orang pada akhir pekan lalu, ketika perahu masih berada di sekitar perairan Thailand. 

"Suatu hari, para kru kapal sedang makan nasi, dan anak saya mulai menangis, meminta makan. Mereka marah dan membakar lengannya dengan puntung rokok," kata Roshida, salah satu pengungsi sambil menunjukkan bekas luka berbentuk bulat kemerahan di lengan anaknya.

Baca juga: Reaksi Pemerintahan Jokowi Saat Disebut Prabowo Pencitraan Usai Kirim Bantuan ke Rohingya

Meskipun kondisi yang diketahui seperti itu, pejabat pemerintah daerah mengklaim telah memberikan fasilitas yang layak saat berada di kamp pengungsian.

"Kamp-kamp itu stabil. Orang-orang di sana kaya, mereka memiliki tanah dan mereka menjual hasil panen mereka di pasar," kata U Tin Maung Swe, Sekretaris Pemerintah Negara Bagian Rakhine, Myanmar.

Sejak mengungsi dari Myanmar, nasib para kaum muslim Rohingya memang terkatung-katung. Mereka mencoba mengungsi ke Thailand namun mendapatkan perlakuan buruk. Hingga kini masih banyak pengungsi yang berada di laut dan belum jelas nasib ke depannya.

(rei)

  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
  • HOT !
    Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud memang telah menunjuk anak kandungnya, Pangeran Mohammed bin Salman atau yang sering disapa MBS sebagai pewarisnya. Namun kini rencana tersebut harus terusik dengan seruan kudeta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)