SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Polusi Udara Sumbang 60 Persen Penyakit di Jakarta

Kamis, 21 Mei 2015 17:00 by zia92 | 1856 hits
Polusi Udara Sumbang 60 Persen Penyakit di Jakarta
Image source: majalahouch

DREAMERSRADIO.COM - Masalah kebersihan udara di kota besar sudah menjadi perhatian di banyak negara, tak terkecual di Indonesia. dan disadari atau tidak, polusi udara ini memberikan peran yang cukup besar terhadap kesehatan tubuh.

Menurut penelitian dari Universitas Indonesia, hampir 60% pasien di rumah sakit Jakarta menderita penyakit yang disebabkan oleh polusi udara. Dari keseluruhan pasien di rumah sakit Jakarta, sekitar 1,2 juta atau 12,6 persen di antaranya memiliki keluhan asma atau bronkitis.

"Sementara posisi tertinggi ditempati oleh ARI atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), yaitu 2,4 juta kasus atau memakan porsi 25,5 persen," ujar peneliti perubahan iklim dan kesehatan lingkungan dari Universitas Indonesia, Budi Haryanto, dalam jumpa pers di Belly Clan, Jakarta, Kamis (21/5).

Di Jakarta sendiri, penyakit pernapasan yang diidap warga kebanyakan diakibatkan polusi kendaraan bermotor. Bahkan, walaupun mengendarai mobil ber-AC, potensi menghirup debu tetap banyak. Hal ini dikarenakan di Jakarta ada banyak partikel debu yang sangat kecil, yaitu hingga 2 mikron. "Debu ini bisa dengan mudah masuk ke celah mobil dan mudah juga masuk ke saluran pernapasan," kata Budi.

Menurut data pemerintah, daerah Jakarta Utara merupakan daerah yang polusinya paling tinggi, bertolak belakang dengan Jakarta Selatan. Dan hal ini pun ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan Budi.

Baca juga: Di Korea Selatan, Polusi Udara Bisa Pengaruhi Jumlah Penonton Film di Bioskop

Budi mengambil sampel dari masing-masing 196 siswa dari 14 sekolah dai Jakarta Utara dan Jakarta Selatan. Tim peneliti meminta guru untuk mencatat setiap anak yang mengeluh batuk atau pilek. Hasil penelitian menunjukkan, keluhan hidung tersumbat dan batuk pilek di daerah tinggi polusi terjadi 3-4 hari sekali. Di Jakarta Selatan hanya berbeda sehari, yaitu 4-5 hari.

"Ini menunjukkan bahwa hubungan penyakit polusi dan daerah tidak signifikan. Semua daerah sama saja potensinya. Sekarang semua daerah tinggi polusi," kata Budi memaparkan.

Guna mencegah meningkatnya penyakit gangguan pernapasan akibat polusi, Budi mengajak masyarakat untuk sadar diri menggunakan masker terutama saat dalam perjalanan.

(fzh/cnn indonesia)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)