SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

WNA Jepang Divonis Seumur Hidup Atas Kasus Narkoba

Kamis, 21 Mei 2015 09:15 by ningcil | 845 hits
WNA Jepang Divonis Seumur Hidup Atas Kasus Narkoba
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pariaman, Sumatera Barat, menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada warga Jepang, Masaru Kawada (73), karena terbukti menyelundupkan narkotika jenis sabu-sabu seberat 2,7 kilogram.

Pada sidang pembacaan vonis di Pengadilan Negeri (PN) Pariaman, Rabu, Hakim Ketua Jon Effreddi, menjatuhkan hukuman jauh lebih tinggi dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Budi Prihalda dan Amrizal sebelumnya, yakni 16 tahun penjara.

"Tersangka terbukti secara hukum telah melanggar pasal 113 ayat 2 UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika," katanya.

Ia menambahkan, tersangka dijatuhi vonis seumur hidup dengan pertimbangan selama ini selalu bersifat koopertif dan bersikap sopan dalam proses persidagan, dan mengakui kesalahannya.

Hakim juga memutuskan hukuman tersebut juga didasarkan atas tersangka yang telah lanjut usia. Ia mengatakan, hukuman tersebut diberikan kepada tersangka karena sudah menyangkut kejahatan yang mengancam keselamatan hidup orang banyak.

"Saat ini situasi Negara Indonesia sedang darurat narkoba. Negara kita dijadikan sebagai salah satu pasar peredaran narkoba jaringan intrnasional dan obat-obat terlarang," kata dia.

Ia mengatakan, jika tersangka tidak berhasil ditangkap oleh kepolisian dan bea cukai Bandara Internasional Minangkabau (BIM) maka sudah dipastikan akan mengancam sekian ribu masyarakat.

Baca juga: Latar Belakang Kedatangan Bule Selandia Baru yang Meditasi di Kebun Raya Bogor

Ia menyebutkan, tersangka bersama dengan kuasa hukumnya bisa melakukan banding paling lama tujuh hari setelah sidang tersebut diputuskan untuk melakukan pembelaan.

Sementara itu kuasa hukum Masaru, Syusvida Lastri, menyebutkan pihaknya akan melakukan banding terhadap putusan yang dijatuhi kepada klienya. Menurutnya hukuman tersebut terlalu berat dari yang dituntukan oleh jaksa.

"Kita tadi telah melakukan komunikasi dengan Masaru. Ia sangat keberatan dengan putusan yang diberikan hakim karena tidak sependapat dengan pasal yang dituntutkan. Untuk itu kita akan melakukan upaya banding karena hukuman ini dianggap terlalu berat," kata dia.

Ia menyebutkan, pihak konsulat Jepang sendiri tidak memberikan bantuan hukum, namuan hanya bersifat mengawasi dan melihat perkembangan hukuman tersangka.

Selain itu, kuasa hukum terdakwa menyebutkan tidak ada intervensi dari konsulat Jepang. Ia mengatakan, saat pembacaan sidang pledoi beberapa waktu lalu, tersangka mengaku akan mendonorkan organ tubuhnya jika hukumanya diatas lima tahun.

Masaru ditangkap oleh Bea Cukai Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada 22 November 2014 sekitar pukul 08.15 Wib karena membawa narkotika jenis sabu yang akan diberikan kepada seseorang di Padang.[tar]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)