SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Presiden Jokowi dan UNHCR Didesak Selamatkan Pengungsi Etnis Rohingya

Selasa, 19 Mei 2015 17:00 by syaifan | 1160 hits
Presiden Jokowi dan UNHCR Didesak Selamatkan Pengungsi Etnis Rohingya
iIage source: reuters.com

DREAMERSRADIO.COM - Presiden Joko Widodo didesak untuk segera memberikan bantuan bagi para pengungsi etnis Rohingya yang dalam beberapa hari terakhir ini diketahui baru saja mendarat di Kuala Langsa, Aceh setelah mereka ditolak berlabuh di Thailand. Demikian seperti dilaporkan oleh Merdeka.Com pada Senin (18/5) kemarin.

Desakan tersebut datang dari juru bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul yang mengatakan bahwa sudah seharusnya Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia membantu pengungsi Rohingya yang juga mayoritas adalah muslim.

"Saya sampaikan sikap ini atas perintah dari Ketua Umum kami Susilo Bambang Yudhoyono yang meminta Presiden Jokowi berikan bantuan bagi ribuan muslim yang terombang-ambing di tengah laut. Tolong TNI AL berikan bantuan," katanya dikutip Merdeka.Com.

Tak hanya itu, pakar hukum internasional dari Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana juga menegaskan kepada Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau UNHCR agar segera melakukan tindakan nyata dalam permasalahan pengungsi Rohingya ini.

Baca juga: Telah Tiba di Indonesia, Kenalan dengan Presiden Moon Jae In yang Dulunya Anak Pengungsi Korut

"Pertemuan menteri luar negeri dari Indonesia, Malaysia dan Thailand harus bisa merumuskan desakan kepada UNHCR untuk ikut bertanggung jawab terhadap pengungsi Rohingya," kata Hikmahanto Juwana dihubungi oleh Antara di Jakarta, Senin (18/5).

Sebelumnya dilaporkan oleh BBC pada pekan lalu sebuah kapal yang berisikan ratusan pengungsi Rohingya dari Myanmar itu sempat dilarang masuk ke Thailand dan mereka didorong kembali ke tengah laut setelah diberikan bantuan makanan dan minuman hingga akhirnya memilih mendarat di Aceh, Indonesia.

Banyaknya jumlah pengungsi asal Rohingya dari Myanmar bagian barat ini dikarenakan maraknya pembantaian penduduk etnis Rohingya yang beragama Islam yang mulai dilakukan oleh mayoritas penduduk Rakhine yang beragama Buddha. Konflik horizontal yang terjadi antara Muslim Rohingya dan Buddha Rakhine pun semakin meluas dan masih terus berlanjut hingga saat ini. (Syf)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)