SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Presiden Jokowi dan UNHCR Didesak Selamatkan Pengungsi Etnis Rohingya

Selasa, 19 Mei 2015 17:00 by syaifan | 1195 hits
Presiden Jokowi dan UNHCR Didesak Selamatkan Pengungsi Etnis Rohingya
iIage source: reuters.com

DREAMERSRADIO.COM - Presiden Joko Widodo didesak untuk segera memberikan bantuan bagi para pengungsi etnis Rohingya yang dalam beberapa hari terakhir ini diketahui baru saja mendarat di Kuala Langsa, Aceh setelah mereka ditolak berlabuh di Thailand. Demikian seperti dilaporkan oleh Merdeka.Com pada Senin (18/5) kemarin.

Desakan tersebut datang dari juru bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul yang mengatakan bahwa sudah seharusnya Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia membantu pengungsi Rohingya yang juga mayoritas adalah muslim.

"Saya sampaikan sikap ini atas perintah dari Ketua Umum kami Susilo Bambang Yudhoyono yang meminta Presiden Jokowi berikan bantuan bagi ribuan muslim yang terombang-ambing di tengah laut. Tolong TNI AL berikan bantuan," katanya dikutip Merdeka.Com.

Tak hanya itu, pakar hukum internasional dari Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana juga menegaskan kepada Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau UNHCR agar segera melakukan tindakan nyata dalam permasalahan pengungsi Rohingya ini.

Baca juga: Larangan Resmi Dicabut, 11 Warga Negara Ini Boleh Masuki Amerika Serikat

"Pertemuan menteri luar negeri dari Indonesia, Malaysia dan Thailand harus bisa merumuskan desakan kepada UNHCR untuk ikut bertanggung jawab terhadap pengungsi Rohingya," kata Hikmahanto Juwana dihubungi oleh Antara di Jakarta, Senin (18/5).

Sebelumnya dilaporkan oleh BBC pada pekan lalu sebuah kapal yang berisikan ratusan pengungsi Rohingya dari Myanmar itu sempat dilarang masuk ke Thailand dan mereka didorong kembali ke tengah laut setelah diberikan bantuan makanan dan minuman hingga akhirnya memilih mendarat di Aceh, Indonesia.

Banyaknya jumlah pengungsi asal Rohingya dari Myanmar bagian barat ini dikarenakan maraknya pembantaian penduduk etnis Rohingya yang beragama Islam yang mulai dilakukan oleh mayoritas penduduk Rakhine yang beragama Buddha. Konflik horizontal yang terjadi antara Muslim Rohingya dan Buddha Rakhine pun semakin meluas dan masih terus berlanjut hingga saat ini. (Syf)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)