SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cari Korban Jatuh ke Kawah, Jalur Merapi Ditutup

Senin, 18 Mei 2015 07:32 by ningcil | 2070 hits
Cari Korban Jatuh ke Kawah, Jalur Merapi Ditutup
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) menutup sementara jalur pendakian di Dukuh Plalangan, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, untuk memudahkan pencarian seorang pendaki yang jatuh ke kawah Gunung Merapi.

Kepala Resort Selo, BTNGM Boyolali, Suwiknya, mengungkapkan bahwa jalur pendakian Desa Lencoh itu ditutup sementara sejak Sabtu (16/5) pukul 16.00 WIB.

"Kami menutup pendakian ini, untuk mensterilkan jalur guna mendukung evakuasi korban mahasiswa dari Universitas Atmajaya Yogyakarta Eri Yunanto (21) yang terpleset ke dalam kawah Merapi, pada Sabtu (167/5)," kata Suwiknya di Boyolali, Minggu (17/5/2015).

Menurut Suwiknya, pihaknya akan membuka kembali jalur pendakian jika sudah memungkinkan. Jalur pendakian bisa dibuka kembali kemungkinan lima hari kedepan. BTNGM juga sudah memasang rambu larangan mendaki di base camp Dukuh Plalangan sejak Sabtu petang (16/5).

Baca juga: Usai Libur Tahun Baru, Gunung Semeru Ditutup dari Pendakian untuk Pemulihan

Samsuri (40), petugas retribusi wisata pendakian BTNGM, mengatakan bahwa jumlah pendaki ke puncak Merapi musim liburan pekan ini mencapai sekitar 1.000 orang, naik sekitar 250 orang dibanding pekan sebelumnya. Pendakian juga menyebabkan 500 orang pendaki batal naik ke puncak Merapi.

"Kami telah mengembalikan uang retribusi seharga Rp17.500 per orang kepada 100 pendaki. Pendaki yang sudah membeli tiket untuk pendakian dikembalikan karena jalur telah ditutup," kata Samsuri.

Para pendaki yang batal naik ke Merapi, kata dia, sebagian beralih ke Gunung Merbabu yang letaknya di sebelah barat Merapi. Namun, beberapa pendaki ada yang memilih pulang ke daerahnya masing-masing.

Pendaki yang sudah terlanjur mendaki melalui Pos Pasar Bubrah, mereka diminta oleh petugas untuk turun sehingga lokasi betul-betul steril, dan hanya ada sukarelawan serta tim SAR yang berupaya mengevakuasi korban. [tar]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Berbagai peristiwa datang silih berganti. Banyak kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan yang mengisi hari hari di minggu kedua bulan Desember tahun 2017 ini. Mulai dari ranah berita lokal internasional hingga seleb Korea....
  • HOT !
    Artis Dewi Persik dipertemukan dengan anggota polisi yang disebutnya mengawal ketika berusaha menerobos jalur busway yang viral di pemberitaan dan media sosial. Namun ada perbedaan pendapat dan hal ini disebutkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra....
  • HOT !
    Komisi Komunikasi Korea Selatan pada hari Rabu mengumumkan adanya serangkaian kebijakan baru untuk mengekang membludak nya konten tak pantas di situs microblogging milik Amerika, Tumblr. Negeri Gingseng itu akan memastikan penerapannya dapat diterapkan ke perusahan Korea dan asing yang berbasis internet....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)