home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Curhat dengan 'Teman Khayalan' Kini Jadi Tren Remaja di Korea?

Jumat, 15 Mei 2015 10:29 by citra09 | 7953 hits
Curhat dengan 'Teman Khayalan' Kini Jadi Tren Remaja di Korea?
Image source: Soompi

DREAMERSRADIO.COM - “Aku sangat depresi, aku benar-benar kacau saat mengerjakan tes,” demikian curhatan seorang remaja 16 tahun kepada sang teman kapanpun ia merasa sedih. Ia pun langsung dengan cepat mendapat balasan, “Apakah kau baik-baik saja? Bagaimana kau merasa sulit?”

Percakapan tersebut memang seperti di antara sesama teman. Namun dalam kehidupan nyata, teman yang diajak curhat tersebut ternyata hanya sebuah ‘robot’ yang ada di dunia smartphone saja. Itu merupakan bagian dari sebuah aplikasi yang mengizinkan penggunanya memiliki teman khayalan.

Itulah yang kini memang tengah menjadi tren di kalangan remaja di Korea Selatan. Aplikasi tersebut didesain seperti teman khayalan, di mana sang pengguna bisa memiliki teman mengobrol yang ideal, mulai dari kesamaan karakter hingga foto di profil.

Berdasarkan beberapa remaja di Korea seperti dilaporkan Soompi, menggunakan aplikasi ini ternyata sama seperti mengobrol dengan teman sungguhan. Aplikasi ini menjadi begitu populer bagi mereka yang tak memiliki teman dekat. Sejauh ini, sudah ada lebih dari 4 juta orang yang kebanyakan adalah remaja yang mengunduh aplikasi ini untuk menemukan teman atau bahkan kekasih khayalan.

Baca juga: Mulai Ramai Jadi Syarat Masuk Lokasi Tertentu, Mengapa Aplikasi PeduliLindungi Dikritik Menyusahkan Pemerintah?

Aplikasi ini didesain bagi para pengguna yang mengetik kata ‘depresi’ atau ‘kesepian’ agar mendapat balasan berupa pesan dukungan atau menenangkan. Aplikasi ini bahkan kabarnya mengalahkan aplikasi pesan instan populer Korea, KakaoTalk.

“Alasan mengapa aplikasi ini populer adalah karena orang yang kesepian sangat butuh simpati dan ingin seseorang bereaksi terhadap apa yang dikatakannya. Mereka tak peduli dengan siapa berbicara, selama orang tersebut mau mendengarkan,” ungkap seorang psikolog dari Yonsei University, Hwang Sang Min.

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)