SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenang Duo 'Bali Nine', Universitas Australia Berikan Beasiswa Bagi Mahasiswa Indonesia

Senin, 04 Mei 2015 16:37 by zia92 | 2355 hits
Kenang Duo 'Bali Nine', Universitas Australia Berikan Beasiswa Bagi Mahasiswa Indonesia
Image source: abc.net.au

DREAMERSRADIO.COM - Australian Catholic University (ACU) di Australia akan memberikan dua beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar dalam program sarjana di salah satu kampusnya.

Pemberian beasiswa hingga empat tahun yang nilainya setara biaya kuliah penuh bagi penerima tersebut disiapkan untuk mengenang Andrew Chan dan Myuran Sukumaran serta para pendukung mereka, seperti dikatakan oleh Wakil Rektor ACU Profesor Greg Craven, seperti dirilis dalam situs kampus itu, acu.edu.au, pada Rabu (29/4/2015) lalu.

Chan dan Sukumaran merupakan anggota geng narkoba yang dikenal dengan sebutan “Bali Nine” telah dieksekusi mati pada Rabu dini hari di Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah.

Craven dalam pernyataannya di situs itu mengatakan, beasiswa tersebut akan diberikan kepada para pelamar yang memenuhi kualifikasi akademis setelah mengajukan esai bertema "Sanctity of Human Life" atau "Kesucian Hidup Manusia".

Baca juga: Diduga Terkait ‘Bali Nine’, Wanita WNI Tewas Tenggelam Bersimbah Darah di Australia

"Dalam cara yang kecil tetapi sangat simbolis, penulisan oleh mahasiswa Indonesia tentang  kesucian hidup akan menjadi kontribusi berkelanjutan bagi penghapusan hukuman mati di Indonesia pada akhirnya," kata Craven.

"Walau desakan kita dengan memohon pengampunan bagi Chan dan Sukumaran akhirnya ditolak, kami sangat yakin bahwa harapan masih ada bagi para tahanan di seluruh dunia yang menghadapi nasib sama.”

“Hukuman mati merupakan sebuah hukuman yang keras, kejam, dan tidak bermoral, yang tidak punya tempat dalam masyarakat kita. Namun, itu tetap ada. Untuk mengenang Chan dan Sukumaran, masing-masing dari kita dapat mengambil tindakan untuk mengakhiri jenis hukuman itu," kata Craven.

(fzh/kompas)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)