SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Nepal Geser Ibu Kota Sejauh Tiga Meter!

Rabu, 29 April 2015 12:12 by ningcil | 1641 hits
Gempa Nepal Geser Ibu Kota Sejauh Tiga Meter!
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - James Jackson, pakar tektonik Universitas Cambridge, punya data menarik soal gempa 7,9 skala Richter yang mengguncang Nepal.

"Gempa itu menggeser lapisan tanah di bawah Kathmandu, ibu kota Nepal, tiga meter ke selatan," ujar Jackson seperti dikutip PressTV.

Data seismologi awal ini, menurut Jackson, diperoleh dari gelombang suara yang memantau pergeseran kerak bumi. Sandy Steacy, kepala departemen ilmu-ilmu fisika Universitas Adelaide, mengatakan analisis Jackson kemungkinan benar.

"Kemungkinan itu sangat masuk akal karena gempa Nepal terjadi di sesar anjak Himalaya, batas lempeng yang memisahkan sub-benua India dan Eurasia," ujar Steacy.

Baca juga: Curhat Jokowi yang Tak Tidur Karena Gempa Melanda Selatan Pulau Jawa

Sesar Himalaya beranjak sepuluh derajat ke utara-timur laut. Gerakan ini, katanya, relatif berada di zona patahan di utara Kathmandu. Sejumlah pakar lain mengatakan gempa besar ini tidak akan mengurangi ketinggian Gunung Everest.

Mark Allen, dari Departemen Ilmu Bumi Universitas Durham di Inggris, mengaakan gempa mendorong bebatuan di atas sesar ke selatan.

"Akibatnya terjadi pemendekan keseluruhan kerak bumi di wilayah itu," ujar Allen. Sederhanya, Kathmandu dipindahkan ke selatan sejauh tiga meter.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)