SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Nepal Geser Ibu Kota Sejauh Tiga Meter!

Rabu, 29 April 2015 12:12 by ningcil | 1680 hits
Gempa Nepal Geser Ibu Kota Sejauh Tiga Meter!
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - James Jackson, pakar tektonik Universitas Cambridge, punya data menarik soal gempa 7,9 skala Richter yang mengguncang Nepal.

"Gempa itu menggeser lapisan tanah di bawah Kathmandu, ibu kota Nepal, tiga meter ke selatan," ujar Jackson seperti dikutip PressTV.

Data seismologi awal ini, menurut Jackson, diperoleh dari gelombang suara yang memantau pergeseran kerak bumi. Sandy Steacy, kepala departemen ilmu-ilmu fisika Universitas Adelaide, mengatakan analisis Jackson kemungkinan benar.

"Kemungkinan itu sangat masuk akal karena gempa Nepal terjadi di sesar anjak Himalaya, batas lempeng yang memisahkan sub-benua India dan Eurasia," ujar Steacy.

Baca juga: Adik Ha Ji Won Meninggal Hingga Gempa Bumi di Lebak Ramaikan Berita Sepekan Terakhir

Sesar Himalaya beranjak sepuluh derajat ke utara-timur laut. Gerakan ini, katanya, relatif berada di zona patahan di utara Kathmandu. Sejumlah pakar lain mengatakan gempa besar ini tidak akan mengurangi ketinggian Gunung Everest.

Mark Allen, dari Departemen Ilmu Bumi Universitas Durham di Inggris, mengaakan gempa mendorong bebatuan di atas sesar ke selatan.

"Akibatnya terjadi pemendekan keseluruhan kerak bumi di wilayah itu," ujar Allen. Sederhanya, Kathmandu dipindahkan ke selatan sejauh tiga meter.

Source:
  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
  • HOT !
    Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud memang telah menunjuk anak kandungnya, Pangeran Mohammed bin Salman atau yang sering disapa MBS sebagai pewarisnya. Namun kini rencana tersebut harus terusik dengan seruan kudeta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)