SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anak Ini Menggendong Temannya yang Lumpuh ke Sekolah Selama Tiga Tahun

Selasa, 28 April 2015 10:45 by ningcil | 3558 hits
Anak Ini Menggendong Temannya yang Lumpuh ke Sekolah Selama Tiga Tahun
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Xie Xu, siswa Sekolah Menengah Daxu di Propinsi Jiangsu, layak menyandang predikat siswa berbudi luhur di Tiongkok. Selama tiga tahun Xie menggendong rekannya yang lumpuh ke sekolah; pergi dan pulang.

Zhang Chi menderita distrofi otot dan tidak bisa berjalan sama sekali. Orang tua Zhang sibuk bekerja, dan dia tidak punya keluarga yang bersedia membantu.

"Keduanya tidak punya hubungan keluarga," ujar Guo Chunxi, wakil kepala sekolah. "Xie dengan tulus menggendong Zhang selama tiga tahun; pergi dan pulang sekolah."

The Independent melaporkan berkat Xie, Zhang tidak pernah tinggal kelas. Keduanya nyaris tidak pernah absen. "Xie menginspirasi rekan-rekan yang lain untuk membantu," ujar Guo Chunxi. "Ia dipuji banyak orang." 


Image source: mirror.uk

Keikhlasan Xie menyebar dari mulut ke mulut, ke sekujur kota, propinsi, menjadi perbincangan media sosial, dan diliput wartawan situs online dan koran.

Baca juga: Inilah Sederet Idola K-Pop yang Sudah Bersahabat Sejak Pre-debut

Tindakan Xie, menurut salah satu media online terkemuka, menginspirasi dan menyentuh. Di sisi lain, muncul pertanyaan berapa banyak penyandang cacat di Tiongkok seperti Zhang, yang gagal mendapatkan pendidikan formal karena tidak ada yang bersedia membantu?

Laporan HAM Departemen Luar Negeri AS menyebutkan 243 ribu penyandang cacat usia sekolah di Tiongkok tidak bersekolah. Ini memperlihatkan kurangnya perhatian dari pemerintah dan warga sekitar terhadap penyandang cacat.

Xie dan Zhang telah lulus dari SMA Daxu. Xie memutuskan meninggalkan Jiangsu untuk melanjutkan pendidikan ke Nanjing Polytechnic Institute. Xie sadar dia harus mandiri.

Namun apakah pemerintah Tiongkok tersentuh dan terinspirasi tindakan luhur Xie? Waktu yang akan menjawab, dan kita juga harus belajar dari ketulisan dan keluhuran budi Xie.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)