SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Terdahsyat Selama 81 Tahun Terjadi di Nepal, Tewaskan Ribuan Orang

Sabtu, 25 April 2015 22:53 by ningcil | 2653 hits
Gempa Terdahsyat Selama 81 Tahun Terjadi di Nepal, Tewaskan Ribuan Orang
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Korban tewas gempa berkekuatan 7,9 yang mengguncang Nepal terus bertambah. Kabar terakhir menyebutkan 1.130 tewas, dan ribuan lainnya luka-luka.

Kamal Singh Bam, juru bicara kepolisian Nepal, mengatakan 524 korban adalah warga Lembah Katmandu, lainnya tersebar di beberapa wilayah.

"Upaya penyelamatan masih berlangsung," ujarnya Singh Bam. "Kami takut jumlah korban meningkat tajam setelah puing-puing digali," lanjutnya.

Menurut Singh Bam, kecuali di wilayah barat, kematian terjadi di hampir semua wilayah Nepal yang hancur. Nepal mengerahkan seluruh personel keamanan untuk membantu warga.

Media lokal melaporkan Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu ditutup akibat rusak parah. Puluhan korban luka dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: Tulisan Tangan Anak SMP Ini Disebut yang Terindah Sedunia!

Gempa juga menggoyang sejumlah distrik di perbatasan Nepal-India. Sekitar 14 orang warga India tewas, dan 35 luka-luka. Masih di India, Yogeshwar Misra -- pejabat negara bagian Uttar Pradesh -- melaporkan enam warganya tewas dan 30 puluh luka-luka.

Di Gunung Everest, ratusan pendaki terperangkap setelah salju longsor dan menghantam base camp. Sepuluh pendaki tewas, termasuk pendaki asing dan pemandu lokal.

Gyanendra Shresta Kumar, dari Departemen Pariwisata India, mengatakan; "Kami tidak memiliki laporan rinci, tapi sepuluh pendaki dikabarkan tewas."

Laporan lain menyebutkan sekitar 300 orang di Distrik Solukhumbhu berada di kam-kamp saat longsor terjadi. Menteri Informasi Nepal Minendra Rijal mengatakan tempa terjadi sebelum tengah hari, dengan pusat gempa 80 kilometer barat laut Kathmandu. Gempa ini yang terkuat sejak 81 tahun terakhir.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)