SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Agar tak Punah, Seekor Badak Dijaga Tentara 24 Jam

Kamis, 16 April 2015 18:17 by ningcil | 2018 hits
Agar tak Punah, Seekor Badak Dijaga Tentara 24 Jam
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Sudan, seekor badak putih utara Afrika, kini menjadi binatang paling istimewa di muka bumi ini. The Independent menulis Sudan, kini berusia 40 tahun, dikawal belasan serdadu bersenjata lengkap dan diamati 24 jam nonstop.

Sudan adalah spesies terakhir badak putih utara Afrika. Ia berkeliaran di padang rumput Kenya, berisiko diburu, dan punah selamanya. Pemerintah Kenya dan peneliti berharap Sudan akan mampu menghasilkan keturunan kelak di kemudian hari, untuk menyelamatkan spesiesnya dari kepunahan.

Bersama Sudan, Kenya juga merawat dua sub-spesies badak putih di kawasan Konservasi Ol Pejeta di Kenya. Mereka adalah tiga dari liam badak putih utara Afrika yang tersisa di muka bumi ini. Dua lainnya hidup di penangkaran.

Untuk memantau pergerakannya, Sudah dilengkapi pemancar radio. Jika serdadu lalai, dan Sudah berlari jauh, peneliti akan melacaknya lewat radio. Tanduk badak juga telah dipotong, sebagai tidnakan pencegahan agar tidak makin diburu.

Baca juga: Cula Badak Akan Dipasangi Kamera dan Alarm Demi Cegah Perburuan

Kepada The Dodo, surat kabar setempat, Elodie Sampere -- petugas konservasi Kenya -- mengaakan tahun 1960-an ada sekitar 2.000 badak putih di Afrika. World Wildlife Fund for Nature memperkirakan perburuan membuat populasi badak putih tinggal 15 pada tahun 1984.

Cula badak bernilai 75 ribu dollar AS per kilogram, mungkin lebih, yang membuat badak putih terus diburuk. Perburuan tidak hanya berbahaya bagi badak, tapi juga orang-orang yang mencoba melindunginya. Simor Irungu, ranger yang menjaga Sudan, mengatakan; "Betapa berbahaya tugas saya kali ini."

Meningkatnya permintaan cula badak dan gading, kami menghadapi banyak upaya perburuan. "Kami sering mempertaruhkan hidup demi Sudan dan binatang lainnya," ujar Irungu kepada World of Animals. 

Source:
Komentar
  • HOT !
    Penundaan pertemuan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebabkan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan kelembagaan masyarakat merasa kecewa. Mereka pun meluapkan emosinya di Balai Kota, sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)