SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terdamparnya Ratusan Lumba-Lumba Indikasikan Gempa Besar di Jepang?

Rabu, 15 April 2015 11:54 by ningcil | 1249 hits
Terdamparnya Ratusan Lumba-Lumba Indikasikan Gempa Besar di Jepang?
Image source: telegraph.c

DREAMERSRADIO.COM - Sebanyak 156 lumba-lumba dilaporkan mati terdampar di sepanjang wilayah pantai timur laut Jepang sepanjang akhir pekan lalu. Peristiwa ini pun lantas memicu spekulasi adanya gempa bumi dengan skala yang cukup besar yang akan menimpa Jepang.

Pasalnya, kejadian yang serupa juga pernah terjadi pada tahun 2011 silam, saat setidaknya 50 lumba-lumba electra atau yang disebut juga paus kepala melon dilaporkan terdampar di dekat bibir pantai, tepat enam hari sebelum gempa bumi dengan kekuatan 9 SR mengguncang pesisir pantai hingga menyebabkan tsunami besar dan memakan 18 ribu korban lebih, seperti dilaporkan Telegraph.

Kejadian yang hampir serupa juga pernah terjadi saat ratusan paus terdampar di New Zealand pada Februari 2011 lalu, dua hari sebelum gempa bumi berskala besar mengguncang kota Christchruch.


Image source: telegraph.co.uk

Para ilmuwan mengatakan jika lumba-lumba dan jenis paus lainnya merupakan hewan yang sangat peka terjadap gangguan yang terjadi di medan elektromagnetik bumi yang berhubungan dengan pergeseran lempeng tektonik.

Baca juga: Tak Banyak Diketahui Tapi Unik, Ini Yang Jadi Daya Tarik Pantai Lovina Bali!

Toshiaki Kishiro, kepala Cetacean Resources Group menyetujui dugaan tersebut, namun ia juga tak menyanggah jika ada alasan lain yang menyebabkan terdamparnya lumba-lumba tersebut. “Hal itu mungkin saja, tapi tak ada bukti pasti untuk mengkonfirmasi teori tersebut,” ujar Kishiro.

“Penjelasan lainnya yang mendorong lumba-lumba ini untuk menepi adalah karena mereka merasakan kebingungan secara alami di medan elektronik bumi, atau mereka mencoba kabur predator, seperti paus pembunuh,” lanjutnya.

Kishiro juga menambahkan jika fenomena tersebut terjadi karena lumba-lumba yang menghindari kapal-kapal nelayan atau tubuh mereka yang terinfeksi parasit yang membuat mereka merasa kebingungan.

(ncl)

  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Gelaran pesta olahraga terbesar di Asia siap dilaksanakan di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang Agustus mendatang. Mengiringi Asian Games 2018, tentu aspek keamanan dan kenyamanan harus dipersiapkan sebaik baiknya untuk menyambut banyak kontingen peserta dari berbagai negara....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)