SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Utang Negara dan Pengangguran Meningkat, Italia Ingin Keluar dari Euro

Senin, 13 April 2015 11:00 by ningcil | 1931 hits
Utang Negara dan Pengangguran Meningkat, Italia Ingin Keluar dari Euro
Image source: thecable.ng

DREAMERSRADIO.COM - Gerakan Bintang Lima (M5S), salah satu partai politik di Italia, membuat petisi yang ditanda-tangani 100 ribu orang untuk memaksa parlemen meloloskan undang-undang baru yang memungkinkan referendum untuk keluar dari zona Euro.

Carlo Sibila, anggota parlemen dari M5S, mengatakan dirinya berharap referendum berlangsung awal tahun depan. Ia juga mengatakan jumlah tanda-tangan yang dikumpulkan melampaui yang disyaratkan.

"Saya akan mengumpulkan 50 ribu tanda-tangan lagi, untuk memastikan banyak orang yang tidak suka tinggal di Euro," ujarnya.

Kepada Russia Today, Sibila mengatakan M5S tidak ingin keluar dengan cara seperti ini. Italia, katanya, harus diskusi dan membuat program. "Setelah itu biarkan warga memutuskan lewat referendum," ujarnya. Namun, tidak mudah meninggalkan Euro lewat referendum.

Baca juga: Tengok 5 Fakta Menarik Setelah Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018

Konstitusi Italia tidak mengijinkan pembatalan perjanjian internasional lewat referendum. Menurut Sibila, referendum menjadi sangat penting jika perekonomian Italia yang buruk menjadi lebih buruk, dan orang-orang tidak mendapat pekerjaan.

"Utang Italia meningkat dramatis sejak pengenalan Euro. Tingkat pengangguran di Italia 12,7 persen, atau tertinggi keenam di Uni Eropa," ujar Sibila.

Sibila melanjutkan; "Italia tidak memiliki kebijakan fiskal sendiri. Jika keluar dari Euro, Italia bisa memiliki kebijakan fiskal sendiri."

M5S adalah partai yang didirikan komedian Beppe Grillo tahun 2009. Tahun 2014, M5S berada di urutan kedua dalam pemilu parlemen Eropa, dengan 21 persen suara. Sibila mengatakan Italia tidak berniat meninggalkan Uni Eropa, tapi keluar dari serikat mata uang Euro.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)