home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Utang Negara dan Pengangguran Meningkat, Italia Ingin Keluar dari Euro

Senin, 13 April 2015 11:00 by ningcil | 2133 hits
Utang Negara dan Pengangguran Meningkat, Italia Ingin Keluar dari Euro
Image source: thecable.ng

DREAMERSRADIO.COM - Gerakan Bintang Lima (M5S), salah satu partai politik di Italia, membuat petisi yang ditanda-tangani 100 ribu orang untuk memaksa parlemen meloloskan undang-undang baru yang memungkinkan referendum untuk keluar dari zona Euro.

Carlo Sibila, anggota parlemen dari M5S, mengatakan dirinya berharap referendum berlangsung awal tahun depan. Ia juga mengatakan jumlah tanda-tangan yang dikumpulkan melampaui yang disyaratkan.

"Saya akan mengumpulkan 50 ribu tanda-tangan lagi, untuk memastikan banyak orang yang tidak suka tinggal di Euro," ujarnya.

Kepada Russia Today, Sibila mengatakan M5S tidak ingin keluar dengan cara seperti ini. Italia, katanya, harus diskusi dan membuat program. "Setelah itu biarkan warga memutuskan lewat referendum," ujarnya. Namun, tidak mudah meninggalkan Euro lewat referendum.

Baca juga: Ngeri, Kota Indah Ini Berubah Jadi Kota Hantu

Konstitusi Italia tidak mengijinkan pembatalan perjanjian internasional lewat referendum. Menurut Sibila, referendum menjadi sangat penting jika perekonomian Italia yang buruk menjadi lebih buruk, dan orang-orang tidak mendapat pekerjaan.

"Utang Italia meningkat dramatis sejak pengenalan Euro. Tingkat pengangguran di Italia 12,7 persen, atau tertinggi keenam di Uni Eropa," ujar Sibila.

Sibila melanjutkan; "Italia tidak memiliki kebijakan fiskal sendiri. Jika keluar dari Euro, Italia bisa memiliki kebijakan fiskal sendiri."

M5S adalah partai yang didirikan komedian Beppe Grillo tahun 2009. Tahun 2014, M5S berada di urutan kedua dalam pemilu parlemen Eropa, dengan 21 persen suara. Sibila mengatakan Italia tidak berniat meninggalkan Uni Eropa, tapi keluar dari serikat mata uang Euro.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)