SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hudea, Bocah Suriah yang 'Menyerahkan Diri'

Kamis, 02 April 2015 09:43 by ningcil | 4153 hits
Hudea, Bocah Suriah yang 'Menyerahkan Diri'
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Para netizen di dunia maya belakangan ini sedang ramai membicarakan sebuah foto dari seorang bocah Suriah yang terlihat sedang mengangkat tangan, menyerahkan diri. Lantas, seperti apakah sesungguhnya kisah di balik foto yang sangat menyentuh itu?

Foto bocah tersebut kembali marak beredar pada Selasa (24/3) lalu,setelah seorang jurnalis foto Gaza, Nadia Abu Shaban mengunggahnya ke Twitter. Berselang beberapa hari, seseorang pun kembali menyebarkannya melalui Reddit.

Sayangnya, banyak netizen ternyata mempertanyakan keaslian foto bocah itu. Abu Shaban pun menyatakan foto tersebut bukanlah hasil bidikannya. Ia sendiri tidak dapat menjelaskan siapa pemilik aslinya.

Hingga akhirnya, seorang pengguna Imgur menemukan sebuah kliping koran yang mengungkapkan bahwa foto tersebut memang asli dan telah diabadikan jurnalis foto Turki, Osman Sagirlisekitar 2012. Bocah dalam foto itu berjenis kelamin laki-laki.

Namun demikian, saat BBC Trending menghubungi Sagirli -- yang kini bekerja di Tanzania --, pria itu justru menyatakan bahwa bocah yang ada dalam fotonya adalah seorang anak perempuan berusia empat tahun, bernama Hudea. Sagirli mengambil foto tersebut di kamp pengungsian Atmeh di Suriah, Desember tahun lalu.

"Saya menggunakan lensa tele dan ia ternyata mengira bahwa benda itu sebuah senjata. Saya baru menyadari bahwa ia begitu ketakutan setelah saya memotret dan melihat hasil fotonya. Ia menggigit bibir dan mengangkat kedua tangan. Biasanya, anak-anak akan melarikan diri, menyembunyikan wajah mereka, atau tersenyum saat mereka melihat sebuah kamera," ungkap Sagirli.

Sagirli menambahkan, kamp itu dihuni banyak pengungsi. "Akan lebih masuk akal untuk melihat penderitaan mereka bukan melalui orang dewasa, melainkan anak-anak. Anak-anak mencerminkan perasaan dengan kepolosan mereka."

Foto Hudea pertama kali dipublikasikan di koran Turkiye, Januari lalu. Saat itu, foto tersebut telah banyak disebarluaskan para netizen Turki. Meskidemikian, ternyata butuh beberapa bulan hingga media Barat sungguh-sungguh menaruh perhatian terhadap foto Sagirli itu.[gab]

Source:
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
  • HOT !
    Penyebaran konten digital kini harus lebih diperhatikan, karena jika terlalu sensitif bisa berakibat protes keras dari publik. Seperti yang dialami oleh seorang anggota DPRD Karawang bernama Hitler Nababan pada Selasa (22/5) ini....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)