home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hudea, Bocah Suriah yang 'Menyerahkan Diri'

Kamis, 02 April 2015 09:43 by ningcil | 4381 hits
Hudea, Bocah Suriah yang 'Menyerahkan Diri'
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Para netizen di dunia maya belakangan ini sedang ramai membicarakan sebuah foto dari seorang bocah Suriah yang terlihat sedang mengangkat tangan, menyerahkan diri. Lantas, seperti apakah sesungguhnya kisah di balik foto yang sangat menyentuh itu?

Foto bocah tersebut kembali marak beredar pada Selasa (24/3) lalu,setelah seorang jurnalis foto Gaza, Nadia Abu Shaban mengunggahnya ke Twitter. Berselang beberapa hari, seseorang pun kembali menyebarkannya melalui Reddit.

Sayangnya, banyak netizen ternyata mempertanyakan keaslian foto bocah itu. Abu Shaban pun menyatakan foto tersebut bukanlah hasil bidikannya. Ia sendiri tidak dapat menjelaskan siapa pemilik aslinya.

Hingga akhirnya, seorang pengguna Imgur menemukan sebuah kliping koran yang mengungkapkan bahwa foto tersebut memang asli dan telah diabadikan jurnalis foto Turki, Osman Sagirlisekitar 2012. Bocah dalam foto itu berjenis kelamin laki-laki.

Namun demikian, saat BBC Trending menghubungi Sagirli -- yang kini bekerja di Tanzania --, pria itu justru menyatakan bahwa bocah yang ada dalam fotonya adalah seorang anak perempuan berusia empat tahun, bernama Hudea. Sagirli mengambil foto tersebut di kamp pengungsian Atmeh di Suriah, Desember tahun lalu.

"Saya menggunakan lensa tele dan ia ternyata mengira bahwa benda itu sebuah senjata. Saya baru menyadari bahwa ia begitu ketakutan setelah saya memotret dan melihat hasil fotonya. Ia menggigit bibir dan mengangkat kedua tangan. Biasanya, anak-anak akan melarikan diri, menyembunyikan wajah mereka, atau tersenyum saat mereka melihat sebuah kamera," ungkap Sagirli.

Sagirli menambahkan, kamp itu dihuni banyak pengungsi. "Akan lebih masuk akal untuk melihat penderitaan mereka bukan melalui orang dewasa, melainkan anak-anak. Anak-anak mencerminkan perasaan dengan kepolosan mereka."

Foto Hudea pertama kali dipublikasikan di koran Turkiye, Januari lalu. Saat itu, foto tersebut telah banyak disebarluaskan para netizen Turki. Meskidemikian, ternyata butuh beberapa bulan hingga media Barat sungguh-sungguh menaruh perhatian terhadap foto Sagirli itu.[gab]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)