SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hudea, Bocah Suriah yang 'Menyerahkan Diri'

Kamis, 02 April 2015 09:43 by ningcil | 4119 hits
Hudea, Bocah Suriah yang 'Menyerahkan Diri'
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Para netizen di dunia maya belakangan ini sedang ramai membicarakan sebuah foto dari seorang bocah Suriah yang terlihat sedang mengangkat tangan, menyerahkan diri. Lantas, seperti apakah sesungguhnya kisah di balik foto yang sangat menyentuh itu?

Foto bocah tersebut kembali marak beredar pada Selasa (24/3) lalu,setelah seorang jurnalis foto Gaza, Nadia Abu Shaban mengunggahnya ke Twitter. Berselang beberapa hari, seseorang pun kembali menyebarkannya melalui Reddit.

Sayangnya, banyak netizen ternyata mempertanyakan keaslian foto bocah itu. Abu Shaban pun menyatakan foto tersebut bukanlah hasil bidikannya. Ia sendiri tidak dapat menjelaskan siapa pemilik aslinya.

Hingga akhirnya, seorang pengguna Imgur menemukan sebuah kliping koran yang mengungkapkan bahwa foto tersebut memang asli dan telah diabadikan jurnalis foto Turki, Osman Sagirlisekitar 2012. Bocah dalam foto itu berjenis kelamin laki-laki.

Namun demikian, saat BBC Trending menghubungi Sagirli -- yang kini bekerja di Tanzania --, pria itu justru menyatakan bahwa bocah yang ada dalam fotonya adalah seorang anak perempuan berusia empat tahun, bernama Hudea. Sagirli mengambil foto tersebut di kamp pengungsian Atmeh di Suriah, Desember tahun lalu.

"Saya menggunakan lensa tele dan ia ternyata mengira bahwa benda itu sebuah senjata. Saya baru menyadari bahwa ia begitu ketakutan setelah saya memotret dan melihat hasil fotonya. Ia menggigit bibir dan mengangkat kedua tangan. Biasanya, anak-anak akan melarikan diri, menyembunyikan wajah mereka, atau tersenyum saat mereka melihat sebuah kamera," ungkap Sagirli.

Sagirli menambahkan, kamp itu dihuni banyak pengungsi. "Akan lebih masuk akal untuk melihat penderitaan mereka bukan melalui orang dewasa, melainkan anak-anak. Anak-anak mencerminkan perasaan dengan kepolosan mereka."

Foto Hudea pertama kali dipublikasikan di koran Turkiye, Januari lalu. Saat itu, foto tersebut telah banyak disebarluaskan para netizen Turki. Meskidemikian, ternyata butuh beberapa bulan hingga media Barat sungguh-sungguh menaruh perhatian terhadap foto Sagirli itu.[gab]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)