home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

SMA di Melbourne Ini Bebaskan Siswanya Untuk Pilih Waktu Masuk dan Mata Pelajaran

Selasa, 31 Maret 2015 11:33 by ningcil | 1827 hits
SMA di Melbourne Ini Bebaskan Siswanya Untuk Pilih Waktu Masuk dan Mata Pelajaran
Image source: templestowe

DREAMERSRADIO.COM - Sistem pendidikan formal sampai tingkat SMA biasanya mengajarkan para siswanya untuk disiplin, terutama soal waktu dan juga mata pelajaran. Akan tetapi sistem tersebut tak berlaku di sebuah SMA di pinggiran kota Melbourne Australia ini.

SMA Templestowe College ini membebaskan siswanya untuk memilih kapan mereka mau memulai jam pelajaran serta bebas menentukan sendiri mata pelajaran apa yang ingin dipelajari dalam jangka waktu tertentu.


Image source: set-edu.com

Sistem pendidikan di SMA Templestowe College yang cukup unik ini dibuat bertujuan untuk memberikan lebih banyak lagi tanggung jawab kepada siswanya. Sang kepala sekolah, Peter Hutton pun mengklaim bahwa dirinya belum pernah bertemu dengan siswa yang tidak menyukai sistem pendidikan di SMA Templestowe College.

“Jika Anda tanya mengapa, ini karena siswa sendiri yang mengendalikan. Mereka bisa melakukan apa yang ingin mereka lakukan, sepanjang ada hasil positifnya,” Ujar Peter Hutton seperti dilaporkan Kompas.

Kebebasan siswa sekolah ini terlihat dari fleksibilitas jam memulai pelajaran. Siswa bisa memulainya pada pukul 07.15, pukul 08.50, atau pukul 10.30 pagi.

Baca juga: Sasar Dunia Pendidikan, SM Entertainment Siap Dirikan Sekolah K-Pop Internasional!

Tak hanya jam untuk memulai pelajaran, para siswa juga dipersilakan menyusun daftar mata pelajaran sendiri, seperti dibebaskan untuk tidak mengambil mata pelajaran yang secara umum dipandang sangat penting, misalnya bahasa Inggris.

“Sebanyak 618 dari 20 siswa kami saat ini ternyata memilih bahasa Inggris,” kata Hutton. “Sementara dua siswa lainnya memilih mata pelajaran filsafat dan kesusasteraan. Itu pilihan mereka sendiri.”

Menurut sang kepala sekolah, sejak sistem pendidikan baru ini diterapkan, tingkat kehadiran siswa mengalami peningkatan tajam. Selain itu kebanyak siswa juga memilih untuk memulai pelajarannya lebih awal.

Kira-kira sistem pendidikan ini bisa diterapkan di SMA di Indonesia gak ya Dreamers?

(ncl/Kompas/Australia Plus ABC)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)