home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Presiden Jokowi dan Tokoh Dunia Lainnya Hadiri Pemakaman Lee Kuan Yew

Minggu, 29 Maret 2015 11:15 by ningcil | 1365 hits
Presiden Jokowi dan Tokoh Dunia Lainnya Hadiri Pemakaman Lee Kuan Yew
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Sejumlah pemimpin negara dan tokoh dunia bakal hadir dalam upacara kenegaraan sebagai penghormatan terakhir bagi mendiang founding father Singapura, Lee Kuan Yew.

Jenazah mantan PM Singapura Lee Kuan Yew akan dikremasi hari ini (29/3/2015). Upacara penghormatan terakhir pun siap digelar sebelum jenazah mantan PM Singapura ini dikremasi.

Presiden Joko Widodo dipastikan akan mengikuti upacara kenegaraan ini. Jokowi akan bertolak ke Singapura bersama Ibu Negara Iriana Widodo seusai menghadiri sebuah acara resepsi di Malaysia.

Mengutip AFP, sejumlah kepala negara dijadwalkan akan hadir dalam upacara ini. Selain Jokowi, ada sejumlah nama seperti Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye, Perdana Menteri Australia Tony Abbott, Perdana Menteri India Narendra Modi, Raja Malaysia Sultan Abdul Halim Mu'adzam Shah, dan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah.

Tokoh dunia lainnya yang rencananya bakal hadir adalah mantan presiden AS Bill Clinton, mantan menlu AS Henry Kissinger yang merupakan kawan dekat Lee, dan mantan menlu Inggris William Hague yang saat ini menjabat sebagai ketua majelis rendah Inggris.

Baca juga: Lecehkan Lee Kuan Yew, Seorang Remaja Ditangkap

Sebelum prosesi kremasi, peti mati Lee yang diselimuti oleh bendera Singapura itu akan ditaruh di dalam kotak kaca. Lalu, peti mati itu akan ditarik sebuah Land Rover atap terbuka untuk diarak sepanjang 15 km melewati jalanan utama Singapura untuk memberikan kesempatan bagi warga yang akan memberikan penghormatan terakhirnya.

Kemudian pasukan angkatan bersenjata Singapura akan memberikan 21 kali tembakan penghormatan. Tak ketinggalan juga empat pesawat tempur F-16 milik tim aerobatik AU Singapura, The Black Knights, akan melintas di langit Singapura. Sementara itu, sirine akan dibunyikan selama satu menit dalam rangka mengheningkan cipta bagi tokoh besar Singapura tersebut.

Iring-iringan pembawa jenazah Lee Kuan Yew akan berhenti di Universitas Nasional Singapura di mana sebuah kebaktian akan dihadiri para pemimpin negara sahabat dan dilanjutkan proses kremasi yang akan dihadiri keluarga terdekat.

Lee Kuan Yew wafat pada hari Senin (23/3/2015) dalam usia 91 tahun. Selama tujuh hari jenazahnya disemayamkan di gedung parlemen, tak kurang dari 500 ribu warga Singapura datang untuk mengucapkan belasungkawa.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)