home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Merpati Pos, Penyelamat Penduduk Bosnia Jaman Perang Dunia II yang Tak Dapat Gelar Pahlawan

Rabu, 25 Maret 2015 10:30 by ningcil | 2605 hits
Merpati Pos, Penyelamat Penduduk Bosnia Jaman Perang Dunia II yang Tak Dapat Gelar Pahlawan
Image source: aa.com.tr

DREAMERSRADIO.COM - Dreamers, tahukah kamu siapa paling banyak menyelamatkan penduduk Bosnia-Herzegovina dari pembantaian Nazi pada Perang Dunia II? Jawabnya adalah merpati pos.

Namun tidak ada gelar pahlawan untuk burung itu. Tidak pula ada penerimaan ramah dan santun dari warga Sarajevo dan kota-kota lain di Bosnia-Herzegovina, apalagi penghormatan.

Merpati, pos atau bukan, adalah binatang menjengkelkan bagi penduduk Sarajevo. Burung-burung itu hinggap di balkon-balkon rumah, mencari remah roti, dan buang kotoran sembarangan.

Muslim Bosnia juga melupakan jasa merpati menyelamatkan keluarga mereka pada konflik 1992-1995. Saat itu Serbia memutus semua komunikasi, yang membuat Muslim Bosnia terisolasi di Sarajevo.

Satu-satunya alat komunikasi adalah merpati. Burung ini mengirim pesan tertulis ke Muslim Bosnia di kota-kota lain, atau ke pasukan perlawanan di garis depan.

Sebagai penyampai pesan, merpati telah digunakan manusia sejak ribuan tahun. Adalah Bangsa Persia yang kali pertama melakukannya, yaitu ketika invasi mereka ke Yunani gagal total.

Di Eropa, tidak ada perang tanpa keterlibatan merpati sebagai penyampai pesan. Namun seusai perang, merpati dilupakan. Di Bosnia, merpati disingkirkan begitu saja. Hanya sedikit yang berusaha mengenang perannya sebagai penyelamat ribuan Muslim Bosnia.

Dari yang sedikit itu terdapat Ramiz Recep, pria berusia 74 tahun yang beternak merpati. Ia beternak merpati sejak usia dini, dan menggunakan merpatinya saat konflik 1992-1994. Kini, ia menghabiskan hari-harinya hanya untuk merpati.

Recep, dan semua peternak, melatih merpati untuk balapan. Di Bosnia, balap merpati adalah olahraga yang sangat mahal. Merpati mampu terbang seribu kilometer, melintasi negara-negara Balkan. Kadang kembali, tapi ada pula yang tidak karena ditangkap atau kepincut lawan jenis.

Kantor berita Anadolu melaporkan di Bosnia ada 35 asosiasi merpati. Jumlah ini menurun drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian merpati tetap dihargai sangat tinggi. Sang pemenang bisa berharga 250 ribu euro, atau Rp 4 miliar.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)