SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Merpati Pos, Penyelamat Penduduk Bosnia Jaman Perang Dunia II yang Tak Dapat Gelar Pahlawan

Rabu, 25 Maret 2015 10:30 by ningcil | 2025 hits
Merpati Pos, Penyelamat Penduduk Bosnia Jaman Perang Dunia II yang Tak Dapat Gelar Pahlawan
Image source: aa.com.tr

DREAMERSRADIO.COM - Dreamers, tahukah kamu siapa paling banyak menyelamatkan penduduk Bosnia-Herzegovina dari pembantaian Nazi pada Perang Dunia II? Jawabnya adalah merpati pos.

Namun tidak ada gelar pahlawan untuk burung itu. Tidak pula ada penerimaan ramah dan santun dari warga Sarajevo dan kota-kota lain di Bosnia-Herzegovina, apalagi penghormatan.

Merpati, pos atau bukan, adalah binatang menjengkelkan bagi penduduk Sarajevo. Burung-burung itu hinggap di balkon-balkon rumah, mencari remah roti, dan buang kotoran sembarangan.

Muslim Bosnia juga melupakan jasa merpati menyelamatkan keluarga mereka pada konflik 1992-1995. Saat itu Serbia memutus semua komunikasi, yang membuat Muslim Bosnia terisolasi di Sarajevo.

Satu-satunya alat komunikasi adalah merpati. Burung ini mengirim pesan tertulis ke Muslim Bosnia di kota-kota lain, atau ke pasukan perlawanan di garis depan.

Sebagai penyampai pesan, merpati telah digunakan manusia sejak ribuan tahun. Adalah Bangsa Persia yang kali pertama melakukannya, yaitu ketika invasi mereka ke Yunani gagal total.

Di Eropa, tidak ada perang tanpa keterlibatan merpati sebagai penyampai pesan. Namun seusai perang, merpati dilupakan. Di Bosnia, merpati disingkirkan begitu saja. Hanya sedikit yang berusaha mengenang perannya sebagai penyelamat ribuan Muslim Bosnia.

Dari yang sedikit itu terdapat Ramiz Recep, pria berusia 74 tahun yang beternak merpati. Ia beternak merpati sejak usia dini, dan menggunakan merpatinya saat konflik 1992-1994. Kini, ia menghabiskan hari-harinya hanya untuk merpati.

Recep, dan semua peternak, melatih merpati untuk balapan. Di Bosnia, balap merpati adalah olahraga yang sangat mahal. Merpati mampu terbang seribu kilometer, melintasi negara-negara Balkan. Kadang kembali, tapi ada pula yang tidak karena ditangkap atau kepincut lawan jenis.

Kantor berita Anadolu melaporkan di Bosnia ada 35 asosiasi merpati. Jumlah ini menurun drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian merpati tetap dihargai sangat tinggi. Sang pemenang bisa berharga 250 ribu euro, atau Rp 4 miliar.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Berbagai peristiwa datang silih berganti. Banyak kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan yang mengisi hari hari di minggu kedua bulan Desember tahun 2017 ini. Mulai dari ranah berita lokal internasional hingga seleb Korea....
  • HOT !
    Artis Dewi Persik dipertemukan dengan anggota polisi yang disebutnya mengawal ketika berusaha menerobos jalur busway yang viral di pemberitaan dan media sosial. Namun ada perbedaan pendapat dan hal ini disebutkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra....
  • HOT !
    Komisi Komunikasi Korea Selatan pada hari Rabu mengumumkan adanya serangkaian kebijakan baru untuk mengekang membludak nya konten tak pantas di situs microblogging milik Amerika, Tumblr. Negeri Gingseng itu akan memastikan penerapannya dapat diterapkan ke perusahan Korea dan asing yang berbasis internet....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)