SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Patung Mummi Buddha Dicuri dari Tiongkok!

Senin, 23 Maret 2015 18:18 by ningcil | 1579 hits
Duh, Patung Mummi Buddha Dicuri dari Tiongkok!
Image source: China Daily

DREAMERSRADIO.COM - Pakar peninggalan kuno Tiongkok mengatakan patung Buddha usia seribu tahun yang berisi mummi biarawan, yang bikin heboh saat dipamerkan di Hongaria, adalah barang curian dari sebuah desa di timur Tiongkok.

Patung itu, demikian Biro Warisan Budaya Propinsi Fujian, dicuri dari Desa Yangchun di Fujian tahun 1995. Patung berisi mummi itu kini dimiliki kolektor swasa asal Belanda.

Patung mummi itu dipamerkan di Museum Sejarah Alam Hongaria, dan membaut kegemparan.

Biro Warisan Budaya Fujian akan melanjutkan penyelidikan ke desa Yangchun, dan mencari informasi lebih lanjut, untuk melacak peninggalan lain yang dicuri.

China Daily melaporkan penduduk Desa Yangchun menangis ketika melihat patung mummi itu di televisi. Biro Warisan Budaya Fujian segera mengirim sejumlah pakar untuk menyelidiki silsilah rahim Buddha di dalam patung itu.

Baca juga: Wah, 'Kembaran' Presiden Jokowi di Museum Madame Tussauds Hong Kong Ganti Baju

Sebelum dicuri, patung itu ditempatkan di kuil desa. Penduduk desa memaikan topi dan pakaian, saat didudukan di altar kuil, dan dipuja penduduk desa.

Arsip Desa Yangchun menyebutkan rahib Buddha dalam patung itu bernama Zhanggong Zushi, penduduk asli desa yang menjadi rahib pada usia 20 tahun. Ia membangun reputasi sebagai perawat orang sakit dan menyebarkan agama Buddha.

Zushi meninggal di puncak reputasinya, pada usia 37 tahun. Penduduk desa membuat patung, dan memasukan jenasah Zushi ke dalamnya. Tiongkok saat itu berada di bawah kekuasaan Dinasti Song (960-1279).

Kini, penduduk Desa Yangchun hanya menyembah topi yang pernah dikenakan di patung itu.

Source:
  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
  • HOT !
    Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud memang telah menunjuk anak kandungnya, Pangeran Mohammed bin Salman atau yang sering disapa MBS sebagai pewarisnya. Namun kini rencana tersebut harus terusik dengan seruan kudeta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)