SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Buat Pakaian Dalam Dari Besi, Seniman Afghanistan Ini Diancam Dibunuh

Minggu, 15 Maret 2015 15:35 by reinasoebisono | 1939 hits
Buat Pakaian Dalam Dari Besi, Seniman Afghanistan Ini Diancam Dibunuh
Image source: tribune.com

DREAMERSRADIO.COM - Suatu ide karya seni bisa datang dari mana saja. Dari inspirasi visual, opini orang, sampai pengalaman pribadi. Inilah yang terjadi pada seniman wanita asal Afghanistan, Kubra Khademi.

Sayangnya, Khademi justru mendapat ancaman mati setelah berjalan memamerkan hasil karya seninya yang dianggap bertentangan dengan nilai-nilai yang dijalankan di sana. Seperti apa karya seni yang dipamerkannya?


Khademi saat berjalan mengenakan pakaian dalam buatannya (BBC)

Khademi membuat pakaian dalam dari besi yang justru dipakai di luar pakaian biasa. Karena pakaian dalam, otomatis yang dipamerkan adalah bagian payudara dan bokong. Tapi Khademi membuatnya karena pengalaman pelecehan seksual yang dialaminya.

Khademi berharap bisa berjalan di jalanan padat, tapi tidak sampai 8 menit ia harus kembali ke mobil karena para anak-anak dan pria melempari dan meneriakinya orang asing dan wanita murahan. Sampai pada akhirnya ia mendapatkan berbagai ancaman akan dibunuh.

Khademi menjelaskan, walau menggunakan hijab, wanita Afghanistan rentan menjadi korban pelecehan seksual. Pengalaman memalukan itulah yang dialaminya saat berusia 5 tahun dan memutuskan suatu saat membuat pakaian dalam dari besi.


Bentuk pakaian dalam besi yang dibuat Khademi (BBC)

"Aku tidak bisa mengubah masyarakat secara cepat. Ok, mereka marah, tetapi inilah hasil kerjaku, dan aku tidak akan berhenti." jelasnya.

(BBC/rei)

  • HOT !
    Setelah pembatalan sepihak dari Amerika Serikat soal pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un dari Korea Utara kembali bertemu dengna Presiden Korea Selatan, Moon Jae In....
  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)