home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Suntikkan Obat HIV Pada Orang Sehat Efektif Bunuh Virus?

Jumat, 27 Februari 2015 09:00 by ningcil | 1400 hits
Suntikkan Obat HIV Pada Orang Sehat Efektif Bunuh Virus?
Image source: bbc.co.uk/i

DREAMERSRADIO.COM - HIV merupakan sebuah penyakit mematikan yang hingga kini masih terus dipelajari penyembuhannya. Hingga kini ada sebuah penelitian terbaru, yaitu obat antiretroviral yang diberikan kepada orang sehat akan membunuh virus HIV.

Dalam penelitian terbaru yang dilakukan Medical Research Council and Public Health Inggris mengungkapkan bahwa emberian obat HIV pada orang yang sehat atau sebelum terinfeksi dipandang sebagai cara yang sangat efektif dalam mencegah penyebaran virus HIV.

Menurutnya penelitian, obat tersebut nantinya akan menunggu kedatangan virus dan membunuhnya jika virus HIV sampai memasuki tubuh seseorang. Seperti yang dilaporkan wartawan BBC James Gallagher, pendekatan ini bergantung pada salah satu terobosan terbesar, yaitu obat antiretroviral.

Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa pemberian obat HIV sementara orang masih sehat menyebabkan penurunan infeksi baru sebesar 86%.

Dengan begitu, kajian ini pun menunjukkan bahwa satu kasus HIV dapat dicegah pada setiap 13 orang yang dirawat dalam satu tahun.

Baca juga: Menurut Studi, Kekebalan Tubuh Tertentu Dapat Melawan HIV

Salah satu anggota tim penelitian mengatakan jika obat diberikan kepada semua pria, maka dunia akan dapat menghentikan epidemi penyakit yang kebanyakan penyebarannya lewat seks bebas dan narkotika ini.

Sebelumnya obat antiretroviral ini tak pernah diproduksi dengan skala besar, akan tetapi kemungkinan besar akan dilakukan jika dipandang dapat berkemungkinan mencegah ratusan infeksi baru.

Infeksi HIV sama saja dengan hukuman mati ketika pertama kali dilaporkan pada tahun 1980-an karena semua pasien akan mengalami Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) yang berujung pada kematian.

(ncl/BBC Indonesia)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)