home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hiii, Ada Mumi di Dalam Patung Buddha Ini?

Rabu, 25 Februari 2015 14:07 by citra09 | 2050 hits
Hiii, Ada Mumi di Dalam Patung Buddha Ini?
Image source: Shanghaiist

DREAMERSRADIO.COM - Jika sebelumnya ditemukan sebuah mumi biksu misterius yang diklaim sebagai biksu yang bermeditasi di Mongolia, kini para peneliti di Belanda dikabarkan tekah menemukan mumi berusia 1000 tahun di dalam sebuah patung Buddha!

Dilansir Shanghaiist, para peneliti di Meander Medical Center, Belanda menemukan mumi tersebut saat melakukan CT scan pada patung buddha yang berukuran cukup besar tersebut. “Dari luar, terlihat seperti patung Buddha yang besar,” tulis pihak museum dalam siaran persnya.

“Hasil scan menunjukkan bahwa di dalam patung tersebut, terdapat mumi biksu Buddha berusia sekitar 1100 tahun,” lanjutnya lagi. Para peneliti percaya bahwa mumi tersebut bernama Liu Quan, yaitu biksu dari sekolah meditasi Cina.


Image source: Shanghaiist.com

Baca juga: Ulang Tahun ke-60, Patung Putri Diana Bakal Diresmikan

Tubuh mumi tersebut ditemukan di dalam patung tersebut dan tengah duduk dalam posisi teratai. Peneliti juga percaya bahwa Liu Quan sengaja menjadikan dirinya mumi untuk bisa menjadi ‘Buddha hidup’, yaitu proses mengerikan yang hanya dilakukan oleh pengikut Buddha setia untuk jalan menuju pencerahan.

Organ tubuh mumi tersebut telah diangkat dan digantikan oleh kertas-kertas berisikan tulisan dalam bahasa Cina. Meskipun sejarah patung ini belum diketahui pasti, namun kemungkinan besar patung tersebut ditempatkan di sebuah biara di China Tenggara  selama berabad-abad sebelum diselundupkan ke luar negeri.

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)