SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dosen Ini Terang-terangan Minta Mahasiswanya Mencontek?

Selasa, 24 Februari 2015 20:30 by zia92 | 1649 hits
Dosen Ini Terang-terangan Minta Mahasiswanya Mencontek?
en.rocketnews24.com

DREAMERSRADIO.COM - Bagi kebanyakan mahasiswa, internet adalah sumber yang sangat berguna untuk menulis makalah, essay, skripsi, atau tugas lainnya. Semua informasi tepat berada di jari-jari kita dan dapat ditemukan dengan sangat cepat.

Namun bagian tersulit dari menggunakan internet sebagai sumber penelitian adalah mengubah kata-kata yang sudah dirangkai begitu apik. Seseorang harus mengubahnya dan mengganti dengan kata-kata sendiri untuk menghindari dituduh sebagai plagiat.

Namun apa jadinya jika seorang dosen atau profesor terang-terangan meminta mahasiswanya untuk mencontek karya ilmiah orang lain? Menyalin 2000 kata dari tugas orang lain benar-benar menjadi tugas yang diberikan kepada mahasiswa Departemen Sastra di Universitas Osaka, dikutip dari Rocket News 24.

Tindakan mencontek karya orang lain dan mengakunya sebagai karya sendiri tidak hanya merupakan masalah yang besar dalam dunia penerbitan, tapi juga dalam bidang akademik. Orang bisa kehilangan pekerjaan, dikeluarkan dari universitas, bahkan berakhir dipengadilan karena tuduhan plagiat.


Image source: en.rocketnews24.com

Baca juga: Ribuan Dosen Tak Lulus Sertifikasi, Ternyata Banyak yang 'Copy-Paste' Jawaban

Adalah Mamoru Samuragochi yang memberikan tugas tersebut kepada mahasiswanya. Namun essay ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama, mahasiswa harus menyalin setidaknya 200 kata dari essay orang lain, kata demi kata. Dan tidak boleh menuliskan pemikiran sendiri.

Orang mungkin berpikir bahwa menyalin 2000 kata adalah hal yang mudah, namun nyatanya mahasiswa harus berhati-hati dan teliti dengan sumber kata-kata tersebut. Mereka juga diminta setidaknya mengambil dari 10 sumber yang berbeda.

Dalam essay bagian kedua, mahasiswa harus menulis 1000 kata tentang 2000 kata sebelumnya yang telah disalin. Dan harus benar-benar opini yang original. Setelah menyalin begitu banyak karya orang lain, pasti sulit untuk menemukan seribu kata yang berasal dari pemikiran sendiri, namun hal itu memberikan siswa perspektif yang cukup unik atas tindakan plagiarisme.

Komentar
  • HOT !
    Maraknya peredaran narkotika di Indonesia membuat meningkatnya status darurat narkoba. Penyebaran itu tidak bisa dipungkiri juga berasal dari beberapa negara tetangga dengan oknumnya yang memasarkan barang haram itu masuk Indonesia....
  • HOT !
    Meski hanya wilayah Amerika Serikat yang terkena dampak gerhana matahari total selama beberapa menit, dunia turut menyambutnya dengan suka cita. Terutama dengan foto foto penampakan gerhana itu di pemberitaan dan sosial media....
  • HOT !
    Tidak hanya kepolisian, namun Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK tengah melakukan penelusuran terkait aset yang dimiliki PT First Travel kini. Perusahaan travel itu sedang naik daun lantaran gagal memberangkatkan 35 ribu jemaah beribadah Umrah dengan total dugaan penipuan 550 miliar....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsy
Cast : Cast: JiHyun, GD BIGBANG, Jungkook BTS, Jimin BTS, Suga BTS

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)