home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dosen Ini Terang-terangan Minta Mahasiswanya Mencontek?

Selasa, 24 Februari 2015 20:30 by fzhchyn | 1888 hits
Dosen Ini Terang-terangan Minta Mahasiswanya Mencontek?
en.rocketnews24.com

DREAMERSRADIO.COM - Bagi kebanyakan mahasiswa, internet adalah sumber yang sangat berguna untuk menulis makalah, essay, skripsi, atau tugas lainnya. Semua informasi tepat berada di jari-jari kita dan dapat ditemukan dengan sangat cepat.

Namun bagian tersulit dari menggunakan internet sebagai sumber penelitian adalah mengubah kata-kata yang sudah dirangkai begitu apik. Seseorang harus mengubahnya dan mengganti dengan kata-kata sendiri untuk menghindari dituduh sebagai plagiat.

Namun apa jadinya jika seorang dosen atau profesor terang-terangan meminta mahasiswanya untuk mencontek karya ilmiah orang lain? Menyalin 2000 kata dari tugas orang lain benar-benar menjadi tugas yang diberikan kepada mahasiswa Departemen Sastra di Universitas Osaka, dikutip dari Rocket News 24.

Tindakan mencontek karya orang lain dan mengakunya sebagai karya sendiri tidak hanya merupakan masalah yang besar dalam dunia penerbitan, tapi juga dalam bidang akademik. Orang bisa kehilangan pekerjaan, dikeluarkan dari universitas, bahkan berakhir dipengadilan karena tuduhan plagiat.


Image source: en.rocketnews24.com

Baca juga: Ribuan Dosen Tak Lulus Sertifikasi, Ternyata Banyak yang 'Copy-Paste' Jawaban

Adalah Mamoru Samuragochi yang memberikan tugas tersebut kepada mahasiswanya. Namun essay ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama, mahasiswa harus menyalin setidaknya 200 kata dari essay orang lain, kata demi kata. Dan tidak boleh menuliskan pemikiran sendiri.

Orang mungkin berpikir bahwa menyalin 2000 kata adalah hal yang mudah, namun nyatanya mahasiswa harus berhati-hati dan teliti dengan sumber kata-kata tersebut. Mereka juga diminta setidaknya mengambil dari 10 sumber yang berbeda.

Dalam essay bagian kedua, mahasiswa harus menulis 1000 kata tentang 2000 kata sebelumnya yang telah disalin. Dan harus benar-benar opini yang original. Setelah menyalin begitu banyak karya orang lain, pasti sulit untuk menemukan seribu kata yang berasal dari pemikiran sendiri, namun hal itu memberikan siswa perspektif yang cukup unik atas tindakan plagiarisme.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)