SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tsunami Kembali Hantam Pantai Utara Jepang

Selasa, 17 Februari 2015 10:50 by ningcil | 1763 hits
Tsunami Kembali Hantam Pantai Utara Jepang
Image source: AFP Photo/K

DREAMERSRADIO.COM - Wilayah pantai utara Jepang baru saja dikabrkan mengalami tsunami kecil pada Selasa (17/02) pagi. Tsunami ini terjadi setelah sebuah peringatan dikeluarkan menyusul gempa berskala 6,8 di utara Jepang.

Pada pukul 08.47 waktu setempat (atau pukul 06.47 WIB), gelombang setinggi 10 cm terpantau muncul di pantai Miyako, Iwate timur. Gelombang kecil ini terjadi setelah badan meterologi memperingatkan tsunami setinggi hingga satu meter diperkirakan akan melanda wilayah tersebut.

Lembaga survei geologi AS, USGS, mengatakan bahwa gempa tersebut berkekuatan 6,8, lain halnya dengan badan meteorologi Jepang yang sebelumnya mencatat 6,9 skala Richter. Seperti dilansir Kompas, gempa tersebut terjadi pada pukul 08.06 waktu setempat di Pasifik, sekitar 210 kilometer di timur Miyako, di kedalam 10 kilometer.

Media lokal sendiri mengatakan bahwa sejauh ini tak ada laporan mengenai korban luka ataupun korban tewas setelah gempa dan tsunami kecil di wilayah tersebut.

Baca juga: Maksud Sebenarnya Prediksi Model Tsunami 57 Meter Pandeglang Dikeluarkan Pakar BPPT

Sebelumnya daerah garis pantai yang tercakup dalam peringatan itu pernah rusak akibat gempa dan tsunami besar pada 2011 lalu yang menewaskan lebih dari 18 ribu jiwa dan juga memicu bencana nuklir paling buruk dalam satu generasi.

Sementara itu, stasiun televisi Jepang NHK menyatakan bahw atak ada kerusakan pada sejumlah reaktor nuklir di wilayah tersebut setelah gempa terbaru ini karena pembangkit-pembangkit listrik nuklir tersebut telah dimatikan sejak 2011.

(ncl/Kompas)

(ncl)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)