SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Belum Dapat Pinjaman Baru, Negara Yunani Terancam Bangkrut

Jumat, 13 Februari 2015 17:15 by syaifan | 1939 hits
Belum Dapat Pinjaman Baru, Negara Yunani Terancam Bangkrut
Image source : guardian.c

DREAMERSRADIO.COM - Yunani dan sejumlah negara Uni Eropa gagal mencapai kesepakatan dalam pertemuan terakhir mereka di Brussels, Belgia pada Rabu (11/2) kemarin yang membicarakan masalah utang dan pinjaman. Jika tidak mendapatkan pinjaman baru, Yunani terancam bangkrut.

Dilaporkan oleh Reuters, dalam pembicaraan yang berlangsung hingga tengah malam itu Yunani menolak semua draf kesepakatan baru soal perpanjangan pinjaman. Yunani sendiri didesak agar segera membayarkan pinjaman yang telah diajukan sebelumnya.

Kepala Persatuan Menteri Keuangan Uni Eropa Jeroen Dijsselbloem mengatakan meski mereka gagal mendapatkan kesepakatan baru, pertemuan tersebut setidaknya bersifat konstruktif dan akan segera dilanjutkan di pertemuan berikutnya pada Senin (16/2) mendatang.

“Kami baru saja menyelesaikan diskusi yang sangat intens, konstruktif, membahas banyak bidang dan juga membuat sebuah progres. Tapi sayangnya progres tersebut belum sampai ke arah kesepakatan bersama,” jelas Dijsselbloem.


Perdana menteri Yunani Alexis Tsipras. (ibtimes.co.uk)

Dalam kesepakatan sebelumnya, Pemerintah Yunani harus membayar utang mereka dari pinjaman sebelumnya kepada Bank Sentral Eropa paling lambat akhir bulan ini. Jika mereka tidak menyetujui kesepakatan baru, maka Yunani tidak akan bisa mendapatkan pinjaman baru sebesar 7 Miliar Euro. Yang artinya negara tersebut akan kehabisan uang dan bangkrut.

Baca juga: Aneh, EgyptAir dan Yunani Beri Klaim Tak Kompak Soal Puing Pesawat di Laut Mediterania

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras dalam pertemuan tersebut mencoba untuk melakukan negosiasi ulang. Namun sayangnya tidak ada hasil signifikan dari permintaan negosiasi tersebut. Padahal, dalam masa kampanyenya saat pemilu lalu Tsipras menjanjikan upaya renegosiasi dengan Uni Eropa soal  utang tersebut.

Namun begitu, Yunani tetap berharap agar dipertemuan berikutnya mereka akan dapat segera menyelesaikan masalah ini dan memberikan solusi yang menguntungkan bagi mereka dan negara Eropa lainnya.

“Sekarang kita tengah mempersiapkan untuk pertemuan berikutnya di hari Senin. Kami berharap di akhir pertemuan nanti, akan ada suatu keputusan yang optimal dari sudut pandang Yunani dan rekan negara Uni Eropa lainnya,” jelas Menteri Keungan Yunani Yanis Varoufakis.

(Reuters/Kompas/Syf)

Komentar
  • HOT !
    Berbagai peristiwa datang silih berganti. Banyak kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan yang mengisi hari hari di minggu kedua bulan Desember tahun 2017 ini. Mulai dari ranah berita lokal internasional hingga seleb Korea....
  • HOT !
    Artis Dewi Persik dipertemukan dengan anggota polisi yang disebutnya mengawal ketika berusaha menerobos jalur busway yang viral di pemberitaan dan media sosial. Namun ada perbedaan pendapat dan hal ini disebutkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra....
  • HOT !
    Komisi Komunikasi Korea Selatan pada hari Rabu mengumumkan adanya serangkaian kebijakan baru untuk mengekang membludak nya konten tak pantas di situs microblogging milik Amerika, Tumblr. Negeri Gingseng itu akan memastikan penerapannya dapat diterapkan ke perusahan Korea dan asing yang berbasis internet....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)