SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jakarta Banjir, Gubernur Ahok Minta Maaf pada Warga DKI

Rabu, 11 Februari 2015 08:02 by ningcil | 1216 hits
Jakarta Banjir, Gubernur Ahok Minta Maaf pada Warga DKI
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok meminta maaf kepada warga DKI soal banjir yang menimpa sebagian ibu kota termasuk dalam dua tahun ini juga baru bisa merampungkan aliran tengah untuk mengurangi risiko banjir.

"Jadi kita harus akui, pertama kita harus minta maaf kepada warga DKI, kami selama dua tahun ini baru bisa menyelesaikan aliran tengah," kata Ahok setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Ia mengatakan rampungnya aliran tengah itu membuat banyak pihak bisa sesumbar bahwa Istana tidak mungkin terendam banjir karena aliran di wilayah tengah sudah berhasil dirampungkan.

Namun, hingga kini warga DKI harus menghadapi tantangan lain yakni penurunan permukaan tanah yang mencapai 18 cm per tahun di sejumlah wilayah di antaranya di sepanjang Kali Angke dan Kali Sentiong Sunter yang membuat posisi sungai berada di bawah muka laut.

"Sebenarnya sudah didisain dari zaman Belanda semua langsung turun berdasarkan gravitasi. Tapi ternyata penurunannya tanah 18 cm per tahun ini membuat posisi sungai itu di bawah muka air laut," katanya.

Baca juga: Dahsyatnya Banjir Bandang Sri Lanka yang Tewaskan Nyaris 200 Orang

Soal banjir yang terjadi pada Senin (9/2), Ahok menilai hal itu karena efek Waduk Pluit sebagai penandon air di wilayah utara tidak bekerja optimal karena airnya tidak terpompa sebelumnya.

"Semua posisi rendah sedang kok. Ini efeknya cuma gara-gara Waduk Pluit enggak mompa," katanya.

Akibatnya, air hujan yang masuk tidak tertampung hingga meluber menyebabkan banjir di sebagian besar wilayah Jakarta.

Ia berharap PLN sebagai pemasok listrik menjaga pasokan listrik di wilayah utara agar pompa-pompa bisa berfungsi optimal sehingga kemungkinan banjir bisa diminimalisasi.[tar]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Berbagai peristiwa datang silih berganti. Banyak kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan yang mengisi hari hari di minggu kedua bulan Desember tahun 2017 ini. Mulai dari ranah berita lokal internasional hingga seleb Korea....
  • HOT !
    Artis Dewi Persik dipertemukan dengan anggota polisi yang disebutnya mengawal ketika berusaha menerobos jalur busway yang viral di pemberitaan dan media sosial. Namun ada perbedaan pendapat dan hal ini disebutkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra....
  • HOT !
    Komisi Komunikasi Korea Selatan pada hari Rabu mengumumkan adanya serangkaian kebijakan baru untuk mengekang membludak nya konten tak pantas di situs microblogging milik Amerika, Tumblr. Negeri Gingseng itu akan memastikan penerapannya dapat diterapkan ke perusahan Korea dan asing yang berbasis internet....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)