SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Warganya Dieksekusi Mati, Pemerintah Brasil dan Belanda Tarik Kedubesnya di Jakarta

Senin, 19 Januari 2015 09:07 by ningcil | 1909 hits
Warganya Dieksekusi Mati, Pemerintah Brasil dan Belanda Tarik Kedubesnya di Jakarta
Image source: AFP Photo

DREAMERSRADIO.COM - Eksekusi mati yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia pada 6 orang tahanan kasus Narkoba menuai berbagai macam reaksi keras dari dunia, diantaranya adalah dua duta besar negara sahabat yang menarik perwakilan mereka di Indonesia.

Marco Archer Cardoso Moreira (warga negara Brasil) dan Ang Kim Soe (warga negara Belanda) merupakan dua diantara 6 terpidana mati kasus narkoba yang telah dieksekudi di Nusakambangan pada Minggu (18/01) dini hari.

Dengan diabaikannya permohonan untuk mengampuni warganya tersebut oleh Pemerintah Indonesia, Pemerintah Brasil dan Belanda pun melakukan aksi tegas dengan memanggil duta besarnya di Jakarta.

Brasil mengatakan Moreira adalah warga Brasil pertama yang dieksekusi di luar negeri dan memperingatkan jika hukuman itu akan merusak hubungan negaranya dengan Indonesia. Presiden Brasil, Dilma Rousseff menyatakan bahwa ia merasa kaget dan menilai hukuman itu kejam.

Baca juga: Terungkapnya Peta Lokasi Korea Utara Eksekusi Warga di Depan Publik

“Hubungan antara kedua negara akan terpengaruh. Duta besar Brasil di Jakarta telah ditarik untuk melakukan konsultasi,” ujar Presiden Rousseff dalam pernyataan resminya. Presiden Brasil sendiri sebelumnya telah mengajukan permohonan pengampunan atau grasi pada Jumat (16/01) namun ditolak oleh Presiden RI Joko Widodo.

Sementara itu, Belanda juga memanggil pulang duta besarnya di Jakarta dan mengecam keras eksekusi terhadap warga negaranya yang juga menjadi terpidana mati kasus narkoba, Ang Kiem Soei.

Menteri Luar Negeri Belanda Bert Koenders menyatakan, “Hukuman mati adalah hukuman yang kejam dan tak manusiawi yang mengabaikan kehormatan dan integritas seorang manusia.” Melalui akun Twitter, kuasa hukum Ang Kiem Soei mengucapkan terimakasih pada Pemerintah Belanda yang sudah berupaya untuk membatalkan eksekusinya.

(ncl/kompas/bbc)

  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
  • HOT !
    Perkara kasus megakorupsi E KTP masih terus bergulir dengan sejumlah fakta baru terungkap. Pada Senin (21/5) kemarin, keponakan Setya Novanto yaitu Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Direktur PT Quadra Solutions, Anang Sugiana Sudihardjo....
  • HOT !
    Masih dengan hiruk pikuk kewaspadaan masyarakat terhadap serangan teroris yang melanda Indonesia, netizen juga memiliki beberapa berita favorit sendiri selama sepekan terakhir....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)