SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rotasi Bumi Melambat, Tahun 2015 akan Berjalan Lebih Lama?

Rabu, 07 Januari 2015 11:16 by syaifan | 6616 hits
Rotasi Bumi Melambat, Tahun 2015 akan Berjalan Lebih Lama?
image source : nasa.gov

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah penelitian di Pusat Layanan Rotasi Bumi di Paris, Prancis menemukan bahwa tahun 2015 ini akan berjalan lebih lama dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan rotasi Bumi akan melambat dan membuat durasi tahun 2015 bertambah.

Diberitakan oleh Daily Mirror, para peneliti mengatakan bahwa melambatnya rotasi Bumi akan terjadi di siang hari pada 30 Juni 2015 mendatang. Akibatnya, tahun 2015 akan berjalan lebih lama dengan tambahan waktu 1 detik.

Pusat Penelitian US Naval juga mengatakan bahwa jam-jam di seluruh dunia akan menambahkan waktunya 1 detik pada 30 Juni mendatang dan hal ini tidak akan terjadi pada jam-jam lain yang dibuat tidak berdasarkan frekuensi elektromagnetik di dalamnya.

“Jam-jam atomik akan menambahkan waktunya satu detik secara otomatis saat hal itu berlangsung nanti. Jadi, di tanggal 30 Juni nanti kita akan memiliki 86,401 detik dari yang seharusnya hanya 86,400 detik saja. Dalam satu hari itu, kita semua akan memiliki tambahan waktu yang sama,” jelas Nick Stamatakos dari US Naval.

Baca juga: Heboh Kaum 'Flat Earth Society', Foto-foto Ini Jadi Bukti Jika Bumi Benar Bulat dan Tidak Datar?

Satu hal yang cukup ditakutkan dari penambahan waktu akibat rotasi Bumi yang melambat ini adalah pengaturan sistem Internet di seluruh dunia yang akan kacau balau. Karena, semua jaringan ini sudah menerapkan sistem waktu yang sudah berlangsung sejak lama.

Kasus seperti ini pernah terjadi pada tahun 2012 silam di mana saat Bumi melambat rotasinya, sejumlah situs Internet seperti Mozilla, LinkedIn, Reddit dan situs lainnya mengalami crash untuk beberapa saat karena ketidakcocokan waktu di sistem mereka.

Penambahan durasi dalam satu tahun akibat rotasi Bumi yang melambat pertama kali terjadi di tahun 1972 di mana saat itu internet belum ditemukan. Jika prediksi para peneliti itu benar, maka penambahan durasi di tahun 2015 ini akan jadi kasus yang ke-26.

Waah.. bagaimana menurutmu, Dreamers? ^^ (Syf)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)