home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rotasi Bumi Melambat, Tahun 2015 akan Berjalan Lebih Lama?

Rabu, 07 Januari 2015 11:16 by syaifan | 6906 hits
Rotasi Bumi Melambat, Tahun 2015 akan Berjalan Lebih Lama?
image source : nasa.gov

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah penelitian di Pusat Layanan Rotasi Bumi di Paris, Prancis menemukan bahwa tahun 2015 ini akan berjalan lebih lama dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan rotasi Bumi akan melambat dan membuat durasi tahun 2015 bertambah.

Diberitakan oleh Daily Mirror, para peneliti mengatakan bahwa melambatnya rotasi Bumi akan terjadi di siang hari pada 30 Juni 2015 mendatang. Akibatnya, tahun 2015 akan berjalan lebih lama dengan tambahan waktu 1 detik.

Pusat Penelitian US Naval juga mengatakan bahwa jam-jam di seluruh dunia akan menambahkan waktunya 1 detik pada 30 Juni mendatang dan hal ini tidak akan terjadi pada jam-jam lain yang dibuat tidak berdasarkan frekuensi elektromagnetik di dalamnya.

“Jam-jam atomik akan menambahkan waktunya satu detik secara otomatis saat hal itu berlangsung nanti. Jadi, di tanggal 30 Juni nanti kita akan memiliki 86,401 detik dari yang seharusnya hanya 86,400 detik saja. Dalam satu hari itu, kita semua akan memiliki tambahan waktu yang sama,” jelas Nick Stamatakos dari US Naval.

Baca juga: NASA Mengatakan Masih Ada 300 Juta Planet Yang Bisa Dihuni Oleh Manusia

Satu hal yang cukup ditakutkan dari penambahan waktu akibat rotasi Bumi yang melambat ini adalah pengaturan sistem Internet di seluruh dunia yang akan kacau balau. Karena, semua jaringan ini sudah menerapkan sistem waktu yang sudah berlangsung sejak lama.

Kasus seperti ini pernah terjadi pada tahun 2012 silam di mana saat Bumi melambat rotasinya, sejumlah situs Internet seperti Mozilla, LinkedIn, Reddit dan situs lainnya mengalami crash untuk beberapa saat karena ketidakcocokan waktu di sistem mereka.

Penambahan durasi dalam satu tahun akibat rotasi Bumi yang melambat pertama kali terjadi di tahun 1972 di mana saat itu internet belum ditemukan. Jika prediksi para peneliti itu benar, maka penambahan durasi di tahun 2015 ini akan jadi kasus yang ke-26.

Waah.. bagaimana menurutmu, Dreamers? ^^ (Syf)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)