SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rotasi Bumi Melambat, Tahun 2015 akan Berjalan Lebih Lama?

Rabu, 07 Januari 2015 11:16 by syaifan | 6560 hits
Rotasi Bumi Melambat, Tahun 2015 akan Berjalan Lebih Lama?
image source : nasa.gov

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah penelitian di Pusat Layanan Rotasi Bumi di Paris, Prancis menemukan bahwa tahun 2015 ini akan berjalan lebih lama dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan rotasi Bumi akan melambat dan membuat durasi tahun 2015 bertambah.

Diberitakan oleh Daily Mirror, para peneliti mengatakan bahwa melambatnya rotasi Bumi akan terjadi di siang hari pada 30 Juni 2015 mendatang. Akibatnya, tahun 2015 akan berjalan lebih lama dengan tambahan waktu 1 detik.

Pusat Penelitian US Naval juga mengatakan bahwa jam-jam di seluruh dunia akan menambahkan waktunya 1 detik pada 30 Juni mendatang dan hal ini tidak akan terjadi pada jam-jam lain yang dibuat tidak berdasarkan frekuensi elektromagnetik di dalamnya.

“Jam-jam atomik akan menambahkan waktunya satu detik secara otomatis saat hal itu berlangsung nanti. Jadi, di tanggal 30 Juni nanti kita akan memiliki 86,401 detik dari yang seharusnya hanya 86,400 detik saja. Dalam satu hari itu, kita semua akan memiliki tambahan waktu yang sama,” jelas Nick Stamatakos dari US Naval.

Baca juga: Heboh Kaum 'Flat Earth Society', Foto-foto Ini Jadi Bukti Jika Bumi Benar Bulat dan Tidak Datar?

Satu hal yang cukup ditakutkan dari penambahan waktu akibat rotasi Bumi yang melambat ini adalah pengaturan sistem Internet di seluruh dunia yang akan kacau balau. Karena, semua jaringan ini sudah menerapkan sistem waktu yang sudah berlangsung sejak lama.

Kasus seperti ini pernah terjadi pada tahun 2012 silam di mana saat Bumi melambat rotasinya, sejumlah situs Internet seperti Mozilla, LinkedIn, Reddit dan situs lainnya mengalami crash untuk beberapa saat karena ketidakcocokan waktu di sistem mereka.

Penambahan durasi dalam satu tahun akibat rotasi Bumi yang melambat pertama kali terjadi di tahun 1972 di mana saat itu internet belum ditemukan. Jika prediksi para peneliti itu benar, maka penambahan durasi di tahun 2015 ini akan jadi kasus yang ke-26.

Waah.. bagaimana menurutmu, Dreamers? ^^ (Syf)

Komentar
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Setya Novanto akhirnya mengundurkan diri sebagai Ketua DPR RI melalui sebuah surat. Bersamaan dengan surat pengunduran diri tersebut Novanto juga menunjuk Azis Syamsuddin sebagai Ketua DPR RI baru yang akan menggantikan dirinya. Keputusan sepihak itu lantas menuai kontroversi....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)