SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Takut Pengaruhi Kejiwaan, Keluarga Tak Diizinkan Lihat Kondisi Jenazah AirAsia QZ 8501

Senin, 05 Januari 2015 11:32 by citra09 | 2279 hits
Takut Pengaruhi Kejiwaan, Keluarga Tak Diizinkan Lihat Kondisi Jenazah AirAsia QZ 8501
Image source: Time.com

DREAMERSRADIO.COM - Memasuki hari ke-8 pasca insiden hilang kontrak pesawat AirAsia QZ 8501 yang terbang dari Surabaya ke Singapura pada Minggu (28/12), pencarian pun masih terus dilakukan. Lebih dari 100 jenazah penumpang hingga kini juga masih dinyatakan hilang.

Pihak keluarga penumpang AirAsia pun masih terus menantikan keberadaan keluarga mereka yang masuk sebagai penumpang. Menurut psikolog, pihak keluarga disarankan untuk tidak melihat langsung kondisi jenazah yang sudah ditemukan karena akan sangat memengaruhi kondisi kejiwaan.

"Meskipun mental keluarga korban kuat saat memutuskan ingin melihat jenazah, bisa jadi hal itu membawa efek sikologi yang negatif. Contohnya, terbayang-bayang dan efek ini tergantung pada kedekatan keluarga korban," kata Humas Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) Hendro Riyanto di posko ante-mortem, Minggu (4/1), seperti dikutip Kompas.com.


Image source: Kompas.com

Baca juga: Ini Dia Bocoran Video Pernikahan Bos AirAsia yang Persunting Artis Korea

Melihat langsung kondisi jenazah juga bisa menciptakan memori atau kenangan buruk di pikiran yang akan terus diingat, misalnya bisa mengalami mimpi buruk, merasa cemas, stress, hingga phobia dengan pesawat terbang.

Ditambah lagi, semakin hari kondisi jenazah juga sulit untuk dikenali karena sudah rusak atau membusuk akibat terlalu lama di dalam air. Hingga Senin (05/01) pagi, setidaknya 9 dari 34 jenazah sudah berhasil teridentifikasi.

(Kompas/Ctr)

Komentar
  • HOT !
    Menteri Agama Lukman Hakim sempat disoraki oleh sebagian massa Aksi Bela Palestina sebelum dirinya melakukan orasi. Namun saat ditanya apa yang menyebabkan massa melakukan hal tersebut, Lukman mengaku tidak tahu dan merasa biasa saja....
  • HOT !
     Natal segera tiba sebagai hari Raya umat Kristinani yang memperingati hari lahir Yesus. Namun momen tersebut pun tidak lepas dari sosok Bunda Maria. Seperti yang dilakukan seorang seniman asal Kebumen, Jawa Tengah bernama Eddy Ruswanto....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberi klarifikasi jika salah satu program andalannya, yaitu OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) tidak pernah berjanji memberikan modal....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)