home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Kota Ini Denda Warganya yang Tidak Habiskan Makanan!

Kamis, 25 September 2014 08:00 by syaifan | 4126 hits
Wah, Kota Ini Denda Warganya yang Tidak Habiskan Makanan!
onegreenplanet.org

DREAMERSRADIO.COM - Sumber daya alam yang tersedia di bumi sejatinya memang diperuntukkan untuk semua makhluk hidup yang tinggal di atasnya. Maka dari itu, sudah seharusnya manusia yang merupakan spesies terbesar di dunia bisa lebih menghargai dan mengolah sumber daya tersebut.

Salah satu sumber daya yang paling dibutuhkan oleh manusia tentu saja adalah pangan atau makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Namun kini, banyak sekali orang yang tidak menghargai sumber daya tersebut dengan membuang atau menyisakan makanan yang seharusnya mereka habiskan setiap hari.

Baru-baru ini, Dewan Kota Seattle, Washington DC, Amerika Serikat memberlakukan sebuah aturan khusus terkait aksi membuang atau menyisakan makanan yang dilakukan oleh warganya tersebut. Tak tanggung-tanggung, warga yang ketahuan membuang makanannya akan dikenakan sejumlah denda.

Seperti diberitakan oleh BBC pada Rabu (24/9), aturan tersebut diberlakukan menyusul maraknya sisa makanan yang terdapat di dalam tong sampah para warga Seattle. Selain karena memang tidak baik untuk membuang makanan, hal itu juga dapat meningkatkan emisi gas rumah kaca.

Aturan ini resmi disahkan pada Senin (22/9) kemarin. Dan rencananya, baru akan diberlakukan secara luas mulai 1 Juli 2015 mendatang dengan surat pemberitahuan kepada warga terlebih dahulu pada 1 Januari 2015.

Baca juga: Sering Terlihat Mengambang, Peneliti ITB Ungkap Ternyata Styrofoam Bukanlah Penyebab Banjir

Nantinya, petugas kebersihan yan mengurusi sampah akan mencatat secara komputerasisi jika mereka menemukan sisa makanan di tong sampah milik warga. Setelah itu, baru nanti denda akan diterapkan ke dalam tagihan sampah masing-masing warga.

Jumlah denda yang diterapkan pun beragam. Mulai dari 1 USD untuk sampah rumah tangga, hingga mencapai 50 USD untuk apartemen dan usaha lainnya jika sampah tersebut mengandung lebih dari 10 persen sisa makanan.

Direktur Pembuangan Sampah dari Seattle Public Utilities Tim Croll mengatakan bahwa aturan ini diterapkan bukan karena semata-mata untuk mendapatkan tambahan pemasukan. Melainkan untuk menerapkan kebiasaan baik para warga untuk menjaga keseimbangan alam dan sosial.

“Intinya bukan untuk meningkatkan pendapatan. Tapi kami lebih peduli untuk mengingatkan orang-orang dalam memisahkan jenis sampah,” jelas Croll.

Waah.. pelajaran bagus nih, Dreamers! Jangan suka membuang atau menyisakan makanan, ya! ^^ (BBC/Syf)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)