SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ditangkap Karena Retweet Akun Korea Utara, Pria Korea Selatan Ini Akhirnya Dibebaskan!

Jumat, 29 Agustus 2014 07:00 by syaifan | 3685 hits
Ditangkap Karena Retweet Akun Korea Utara, Pria Korea Selatan Ini Akhirnya Dibebaskan!
ibtimes.co.uk

DREAMERSRADIO.COM - Ketegngan yang terjadi antara Korea Selatan dan Korea Utara hingga saat ini masih terus berlangsung. Yang belakangan cukup menghebohkan, adalah percobaan serangan nuklir Korea Utara dan tewasnya lima tentara Korea Selatan di daerah perbatasan mereka.

Tak hanya itu, belakangan seorang pengguna Twitter di Korea Selatan diketahui juga baru saja ditangkap oleh kepolisian setempat setelah diketahui melakukan sebuah aksi yang terbilang bukan sebuah kegiatan melanggar hukum yakni melakukan retweet.

Seperti diberitakan oleh The Guardian, seorang fotografer bernama Park Jeong Geun ditangkap pada tahun 2012 lalu karena meretweet salah satu kicauan dari akun resmi milik Pemerintah Korea Utara. Dengan alasan keamanan nasional, polisi pun menangkap pria berusia 26 tahun tersebut.

Pengadilan Negeri sempat memberikan hukuman percobaan selama beberapa bulan bagi Park setelah penangkapannya. Namun belakangan, setelah melakukan naik banding, Mahkamah Agung memutuskan bahwa Park sama sekali tidak bersalah karena aksi retweetnya tersebut dan dibebaskan.

Park pun kemudian mengaku, bahwa aksi retweetnya tersebut bukanlah untuk mendukung atau memuja pimpinan Korea Utara yakni Kim Jong Il. Ia melakukan retweet tersebut justru lebih untuk mengejek Korea Utara karena gaya tulisannya yang dianggap terlalu kaku.

Baca juga: Duh, Seorang Ayah Ajak Balitanya Bunuh Diri dan Disiarkan Live di Facebook

Akun resmi Pemerintah Korea Utara yang mulai aktif sejak tahun 2010 silam itu diketahui mendapatkan retweet dari Park pada tahun 2012 lalu saat mereka berkicau, “Hidup Jenderal Kim Jong Il.”

Sejumlah organisasi dan grup pembela Hak Asasi Manusia belakangan juga berperan aktif atas pembebasan Park atas nama kebebasan berekspresi. Menurut mereka, apa yang dilakukan Park adalah sama sekali tidak berpotensi untuk mengganggu keamanan nasional.

Seperti yang diketahui, Korea Utara dan Korea Selatan hingga saat ini masih berada di dalam kondisi perang setelah sebelumnya mereka bertempur di perang saudara pada tahun 1950-1953 hingga akhirnya sepakat melakukan gencatan senjata hingga saat ini.

Hmm.. Bagaimana menurutmu, Dreamers? (Syf)

Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)