SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mahasiswa Indonesia Ini Terpilih Sebagai Salah Satu Peneliti Ekspedisi Jepang ke Mars!

Selasa, 05 Agustus 2014 09:00 by syaifan | 6129 hits
Mahasiswa Indonesia Ini Terpilih Sebagai Salah Satu Peneliti Ekspedisi Jepang ke Mars!
nationalgeographic.co.id

DREAMERSRADIO.COM - Untuk kesekian kalinya, mahasiswa Indonesia kembali mencetak prestasi yang patut dibanggakan. Bagus Nugroho, mahasiswa Indonesia asal Universitas Melbourne dilaporkan menjadi salah satu peneliti asal Indonesia yang terlibat di proyek ekspedisi Jepang ke Planet Mars.

Diberitakan olah National Geographic Indonesia, Bagus yang tengah menyelesaikan studi S3-nya tersebut terpilih sebagai salah satu dari tiga peneliti yang akan terlibat di penelitian ekspedisi pendaratan robot ekspedisi milik Badan Eksplorasi Ruang Angkasa Jepang (JAXA) ke Mars.

“Saya memang selalu suka dan tertarik dengan pesawat dan ekspedisi ke luar angkasa. Waktu itu saya sedang iseng melihat situs milik JAXA dan ternyata mereka sedang mencari staf riset yang memiliki keahlian di bidang teknik,” katanya yang sudah menetap di Australia selama 12 tahun itu.

Bagus akan bekerja bersama dua mahasiswa terpilih lainnya menggunakan terowongan angin supersonik guna meneliti kinerja parasut supersonik yang berperan penting dalam proses pendaratan robot ekspedisi milik Jepang di Mars.

Baca juga: Ananda Badudu Sambil Tahan Tangis: Mereka Diproses dengan Cara-cara Tidak Etis

Selama studinya, Bagus memang sudah sering bekerja dengan fasilitas terowongan angin yang tersedia di universitas. Namun, menurut dia, riset yang akan dilakukan di Jepang ini sekaligus menjadi kesempatan pertamanya untuk bekerja menggunakan terowongan angin supersonik.

Bagus sendiri dikabarkan sudah berada di Jepang untuk memulai penelitiannya tersebut sejak 12 Juli 2014 lalu. Ia dan timnya akan melakukan riset di Kota Chofu tepatnya di fasilitas penelitian antariksa Jepang.

Waah.. sekali lagi sukses untuk Bagus, ya! ^^ (NGI/Syf)

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)