home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Kini Ada Patung 'Suro dan Boyo' di Kota Busan, Korea Selatan!

Kamis, 31 Juli 2014 23:00 by syaifan | 11393 hits
Wah, Kini Ada Patung 'Suro dan Boyo' di Kota Busan, Korea Selatan!
jawapos.com

DREAMERSRADIO.COM - Siapa yang tak kenal patung Hiu dan Buaya yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur. Ya, patung tersebut adalah sebuah ikon dari Kota yang sangat bersejarah dan terkenal dengan masyarakatnya yang beragam.

Baru-baru ini, patung tersebut tidak hanya berada di Kota Surabaya, ia kini juga berada di salah satu Kota besar di Korea Selatan, Busan. Patung tersebut diketahui berada di Busan setelah Walikota Surabaya, Tri Rismaharini meletakkanya pada awal Juli lalu.

Seperti dilaporkan oleh Antara News, patung tersebut merupakan cindera mata dari Pemerintah Kota Surabaya kepada Pemerintah Kota Busan setelah keduanya telah menjalin kerjasama sebagai sister city selama 20 tahun.

Patung ‘Suro’ dan ‘Boyo’ tersebut diberikan oleh Tri Rismaharini kepada Walikota Busan Hur Nam Sik dan diletakkan di salah satu sudut Busan Indonesian Center, Korea Selatan. Menariknya lagi, patung tersebut merupakan karya asli dari salah satu seniman lokal Surabaya.

“Patung Soro dan Boyo itu kini sudah terpasang di Busan Indonesian Center. Patung itu adalah hasil karya seniman lokal Kota Pahlawan bernama Agung Tato,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya, Wiwiek Widyawati.

Baca juga: Kini Beredar Video Tangis Histeris Ronald Di RS Pasca Aniaya Dini Sampai Tewas

Replika dari patung monumen Suro dan Boyo tersebut diketahui memiliki tinggi 2,6 meter dengan diamater sepanjang 0,75 meter. Patung tersebut kemudian diletakkan kembali ke atas sebuah alas yang memiliki diameter sepanjang 3 meter.

“Proses pengerjaan patung tersebut sepenuhnya dilakukan di Surabaya. Ketika sudah selesai, baru dikirim ke Busan, Korea Selatan,” jelas Wiwiek lagi.

Busan dan Surabaya sejauh ini diketahui sudah saling menjalani banyak kerjasama di berbagai bidang. Salah satunya tentu saja adalah pariwisata. Setiap kali ada event kebudayaan di masing-masing kota, kedua pemerintah kota tersebut pasti langsung mengirimkan delegasinya untuk ikut meramaikan.

Waah.. semoga hubungan Surabaya dan Busan serta Indonesia dan Korea Selatan semakin harmonis ya, Dreamers! ^^ (Syf)

 

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)