SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Kini Ada Patung 'Suro dan Boyo' di Kota Busan, Korea Selatan!

Kamis, 31 Juli 2014 23:00 by syaifan | 9988 hits
Wah, Kini Ada Patung 'Suro dan Boyo' di Kota Busan, Korea Selatan!
jawapos.com

DREAMERSRADIO.COM - Siapa yang tak kenal patung Hiu dan Buaya yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur. Ya, patung tersebut adalah sebuah ikon dari Kota yang sangat bersejarah dan terkenal dengan masyarakatnya yang beragam.

Baru-baru ini, patung tersebut tidak hanya berada di Kota Surabaya, ia kini juga berada di salah satu Kota besar di Korea Selatan, Busan. Patung tersebut diketahui berada di Busan setelah Walikota Surabaya, Tri Rismaharini meletakkanya pada awal Juli lalu.

Seperti dilaporkan oleh Antara News, patung tersebut merupakan cindera mata dari Pemerintah Kota Surabaya kepada Pemerintah Kota Busan setelah keduanya telah menjalin kerjasama sebagai sister city selama 20 tahun.

Patung ‘Suro’ dan ‘Boyo’ tersebut diberikan oleh Tri Rismaharini kepada Walikota Busan Hur Nam Sik dan diletakkan di salah satu sudut Busan Indonesian Center, Korea Selatan. Menariknya lagi, patung tersebut merupakan karya asli dari salah satu seniman lokal Surabaya.

“Patung Soro dan Boyo itu kini sudah terpasang di Busan Indonesian Center. Patung itu adalah hasil karya seniman lokal Kota Pahlawan bernama Agung Tato,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya, Wiwiek Widyawati.

Baca juga: Viral, Heboh Mobil SUV Tabrak 3 Pengendara Motor di Surabaya

Replika dari patung monumen Suro dan Boyo tersebut diketahui memiliki tinggi 2,6 meter dengan diamater sepanjang 0,75 meter. Patung tersebut kemudian diletakkan kembali ke atas sebuah alas yang memiliki diameter sepanjang 3 meter.

“Proses pengerjaan patung tersebut sepenuhnya dilakukan di Surabaya. Ketika sudah selesai, baru dikirim ke Busan, Korea Selatan,” jelas Wiwiek lagi.

Busan dan Surabaya sejauh ini diketahui sudah saling menjalani banyak kerjasama di berbagai bidang. Salah satunya tentu saja adalah pariwisata. Setiap kali ada event kebudayaan di masing-masing kota, kedua pemerintah kota tersebut pasti langsung mengirimkan delegasinya untuk ikut meramaikan.

Waah.. semoga hubungan Surabaya dan Busan serta Indonesia dan Korea Selatan semakin harmonis ya, Dreamers! ^^ (Syf)

 

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)