SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Ternyata Ada 4 Ribu Lebih Pengungsi Indonesia di Amerika Serikat!

Selasa, 01 Juli 2014 12:13 by syaifan | 3748 hits
Wah, Ternyata Ada 4 Ribu Lebih Pengungsi Indonesia di Amerika Serikat!
defence.gov

DREAMERSRADIO.COM - Ditengah permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia belakangan ini, ternyata Indonesia bukanlah sebuah negara yang baik untuk ditinggali dan tempat mencari penghidupan bagi sejumlah orang. Mereka pun memilih untuk menjadi pengungsi di negara adidaya Amerika Serikat.

Dilansir dari Global Post, sejumlah data baru-baru ini dirilis tentang jumlah pengungsi yang ada di Amerika Serikat sejak tahun 1951 silam. Yang mengejutkan, dari daftar tersebut ternyata ada lebiyh dari 4 ribu pengungsi di Amerika Serikat yang berasal dari Indonesia.

Dari data yang dirilis oleh UNHCR per tahun 2013 lalu, diketahui jumlah pengungsi di Amerika Serikat tertinggi berasal dari Asia. Cina adalah penyumbang pengungsi terbesar di mana para pengungsi tersebut meminta hak suaka sejak puluhan tahun lalu karena tidak nyaman tinggal di negaranya.

Entah dari mana dan apa alasannya ada pengungsi asal Indonesia di Amerika Serikat yang mencapai ribuan orang tersebut. Mereka kini dilaporkan mendapatkan hak hidup yang lebih baik sebagaimana permintaan mereka untuk suaka dikabulkan oleh pemerintah setempat.

Baca juga: Bocoran untuk Penyumbang, Kebutuhan Inilah yang Paling Diperlukan Oleh Pengungsi Korban Tsunami Banten

Dari defenisi yang disampaikan setelah konvensi pengungsi di Amerika Serikat pada tahun 1951 tersebut, mereka menyebutkan bahwa pengungsi adalah seseorang yang meminta perlindungan karena alasan mendapatkan tekanan soal ras, gender, agama, pilihan politik, dari kelompok atau golongan tertentu.

Tentu saja hal ini cukup mengejutkan karena di satu sisi, Indonesia juga adalah tujuan sejumlah pencari suaka dari berbagai macam negara karena konflik dan lain halnya. Namun di sisi lain, ternyata juga ada warga negara Indonesia yang menjadi pengungsi dengan mencari suaka di negara lain.

Hmm.. bagaimana menurutmu, Dreamers? (Syf)

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)