home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lulus dengan IPK 3.96, Anak Tukang Becak Ini Jadi Inspirasi

Kamis, 12 Juni 2014 13:15 by citra09 | 8258 hits
Lulus dengan IPK 3.96, Anak Tukang Becak Ini Jadi Inspirasi
Tempo.co

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah prestasi membanggakan diraih oleh seorang wisudawati di Universitas Negeri Semarang bernama Raeni. Ia menjadi inspirasi karena berhasil lulus dengan predikat cumlaude nyaris sempurna yaitu dengan IPK 3.96.

Wanita lulusan Fakultas Ekonomi tersebut juga mencuri perhatian seluruh wisudawan dan para orang tua di hari wisuda kelulusannya pada Selasa (10/06), karena datang dengan becak yang merupakan sumber penghasilan sang ayah bernama Mugiyono.

Meski demikian, Raeni tidak malu. Dilansir Tempo, Mugiyono setiap harinya mencari nafkah dengan menjadi seorang tukang becak, yang mengkal di kelurahan Langenharjo, Kendal, tak jauh dari rumahnya. Pekerjaan tersebut dilakukannya sejak ia berhenti menjadi karyawan di sebuah pabrik kayu.

"Penghasilan tukang becak tak menentu. Sekitar Rp 10 ribu–Rp 50 ribu (per-harinya)," ujar Mugiyono, seperti dikutip di situs resmi Universitas Negeri Semarang, unnes.ac.id.

Berasal dari keluarga tidak mampu tak menjadi halangan bagi Reni untuk menuai prestasi. Raeni berkali-kali meraih indeks prestasi (IP) 4 di setiap semesternya, hingga akhirnya ia lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatik (IPK) 3.96.

Baca juga: Luna Maya Masuk '99 Wanita Menginspirasi' Bersanding dengan Susi Pudjiastuti

“Meski berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi yang kurang, Raeni tetap bersemangat dan mampu menunjukkan prestasinya. Sampai saat ini Unnes menyediakan 26 persen dari jumlah kursi yang dimilikinya untuk mahasiswa dari keluarga tidak mampu. Kami sangat bangga dengan apa yang diraih Raeni,” ungkap rektor Universitas Negeri Semarang, Fatur Rokhman, dikutip dari Tempo.

Meski telah meraih prestasi membanggakan, namun Raeni tak berhenti sampai di sini saja. Ia mengaku masih ingin terus melanjutkan kuliah, jika bisa kembali mendapatkan beasiswa. Keinginan Raeni ini pun sepertinya akan segera terwujud karena sang rektor dikabarkan memberikan kesempatan beasiswa bagi Raeni untuk kuliah di Inggris.

Wah, semoga kisah Raeni ini bisa jadi inspirasi buat kita semua ya^^

(ctr/Tempo)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)